Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Terbaik Meletakkan Sofa di Ruangan agar Tahan Lama

Kompas.com - 28/08/2023, 08:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa adalah salah satu barang utama di rumah yang diharapkan dapat digunakan selama bertahun-tahun.

Sama dengan tempat tidur, kasur, dan perabot lainnya, hal utama yang dipikirkan orang saat membeli sofa adalah memastikannya dapat bertahan lama, setidaknya selama satu dekade. 

Baca juga: 5 Kesalahan Menata Sofa di Ruang Tamu yang Harus Dihindari

Hal ini mengingat harga sofa yang mahal. Namun, sama dengan semua perabotan rumah tangga maupun barang, merawat sofa dengan benar adalah hal penting untuk memastikannya bertahan selama mungkin.

Hal ini termasuk meletakkan sofa pada posisi benar di ruang keluarga, ruang tamu, atau ruangan mana pun sofa berada.

Karena menurut para ahli, meletakkan sofa di tempat tidak tepat dapat menyebabkannya rusak lebih cepat dari waktu ke waktu. 

Lantas, di mana posisi terbaik meletakkan sofa di ruangan

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Warna Sofa

Cara memposisikan sofa agar bertahan selama mungkin

Ilustrasi sofa kulit.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa kulit.
Bagi kebanyakan kita, ada tempat logis untuk meletakkan sofa atau tempat yang kita sukai untuk duduk untuk memastikan ruangan berfungsi secara spasial.

Namun, menurut Lydia Lloyd, Perancang Tekstil Rumah Tangga di M&S Home, Anda harus memastikan sofa tidak terkena sinar matahari langsung, terutama jika ruangan mendapat banyak cahaya alami. Sebab, sinar UV dapat menyebabkan warna kain atau kulit sofa memudar.

"Untuk mencegah hal ini, tempatkan pelapis di tengah ruangan, jauh dari jendela yang menghadap ke selatan untuk menghindari kerusakan dan pemudaran akibat sinar matahari," ucap Lloyd dilansir dari Ideal Home, Senin (28/8/2023). 

Baca juga: 6 Dampak Negatif Sofa di Depan Jendela Menurut Feng Shui

Jika memiliki sofa sudut, posisikan di sudut ruangan. Apabila tidak memungkinkan mengubah posisi sofa atau berada di bawah sinar matahari langsung, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah sofa terlalu banyak terpapar sinar matahari. 

Salah satu langkah sederhana adalah menutup tirai atau kerai jika memungkinkan, terutama jika menyadarimatahari biasanya menyinari sofa pada titik-titik tertentu pada siang hari.

Selain itu, membeli semprotan pelindung UV untuk kain, yang hampir mirip dengan krim tabir surya untuk sofa. Meski demikian, berhati-hatilah, jangan menggunakannya pada kulit Anda. 

Baca juga: 6 Ide Penempatan Sofa di Ruang Tamu, Fungsional tapi Apik 

Untuk melindungi sofa lebih jauh lagi, jauhkannya dari sumber panas juga. "Penting juga mencoba dan menjaga sofa setidaknya satu kaki dari radiator karena paparan panas dapat menyebabkan kerusakan," saran Lydia.

Tak hanya, itu lakukan cara membersihkan dan merawat sofa dengan benar untuk membuatnya bertahan hingg tahun-tahun mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com