Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2024, 21:54 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livspace

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa berwarna terang bisa menambah keindahan interior ruangan. Sofa berwarna cerah bisa membuat ruangan terlihat lebih terang. 

Akan tetapi, memiliki furnitur berwarna terang bisa menjadi hal yang menakutkan jika tidak dibarengi dengan pemahaman terkait cara merawatnya. Tanpa perawatan yang tepat, warna sofa terang bisa pudar. 

Baca juga: 6 Warna Sofa Ruang Tamu yang Cantik dan Menawan

Akibatnya, sofa menjadi kurang menarik lagi. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, maka sebelum membeli sofa terang, pastikan untuk mempelajari cara merawatnya terlebih dahulu. 

Dikutip dari Livspace, Minggu (7/4/2024), berikut ini cara mempertahankan warna sofa terang di rumah agar tetap cantik dan menarik. 

Mencegah noda di sofa

Ilustrasi membersihkan noda pada sofa putih terangShutterstock/Africa Studio Ilustrasi membersihkan noda pada sofa putih terang

Salah satu cara agar warna sofa terang tetap terjaga yaitu dengan mencegah noda di sofa. Caranya dengan tidak makan atau minum di sekitar sofa. 

Tak hanya makan dan minum. mengecat kuku juga sebaiknya tidak dilakukan di dekat sofa karena berisiko menyebabkan noda. 

Sebaiknya, sofa hanya digunakan untuk bersantai, sehingga tetap bersih dan warnanya selalu terang.

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit Berwarna Putih agar Terlihat Seperti Baru

Menyedot debu secara teratur

Selanjutnya, cara mempertahankan warna sofa terang di rumah yaitu rutin membersihkan debu di permukaan sofa menggunakan vacuum cleaner

Jika tidak memiliki vacuum cleaner, alternatif caranya bisa menggunakan sikat kering. Selain mencegah debu menempel, perawatan ini juga mencegah alergen menempel di permukaan furnitur. 

Gunakan soda kue

Jika memiliki hewan peliharaan di rumah atau tinggal di tempat yang kelembapan udaranya tinggi, mungkin sofa akan mudah bau. 

Cara mengatasi hal ini bisa dengan menaburkan sedikit soda kue di atas sofa. Diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan sisa soda kue yang masih menempel. 

Apabila ada noda yang menempel, soda kue perlu dicampurkan air terlebih dahulu sampai membentuk pasta. Lalu, oleskan pasta soda kue ke area yang bernoda. 

Tunggu beberapa saat, kemudian bersihkan sisa pasta soda kue menggunakan kain mikrofiber. Namun, sebelum melakukan pembersihan ini, pastikan untuk melakukan uji coba di area yang tak terlihat terlebih dahulu untuk memastikan soda kue tidak merusak kain sofa. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Sofa Suede

Geser atau tutup sofa sementara

Cara mempertahankan warna sofa terang di rumah lainnya yaitu dengan memindahkan atau menutup sofa untuk sementara. Pertimbangkan sofa berwarna terang ke ruangan lain untuk mencegah noda. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com