Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memilih Warna Sofa yang Tepat untuk Ruangan Kecil

Kompas.com - 24/01/2024, 18:22 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa merupakan furnitur penting yang biasanya berada di ruang tamu maupun ruang keluarga. Sofa tak hanya berfungsi sebagai tempat duduk, namun juga membuat ruangan terlihat lebih menarik.

Akan tetapi, memilih sofa di ruangan kecil harus dilakukan dengan cermat. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sofa untuk ruangan kecil yaitu warna sofa.

Baca juga: Ingin Memilih Warna Sofa? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Warna sofa akan mempengaruhi suasana di dalam ruangan. Ada warna yang membuat ruangan lebih luas, namun ada warna yang membuat ruangan terasa semakin kecil.

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (24/1/2024), berikut ini tips memilih warna sofa yang tepat untuk ruangan kecil.

Padukan warna sofa dengan warna dinding ruangan

Ilustrasi sofa di ruangan sempitShutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa di ruangan sempit

Cara paling mudah saat memilih warna sofa yaitu memilih warna yang sama seperti warna dinding di ruangan tersebut. Lubo Todorov, pakar produk di Raft Furniture mengatakan warna sofa dan dinding yang sama bisa menghindari kesan putus-putus di dalam ruangan.

Warna yang sama juga membuat tampilan di ruangan tersebut terlihat serasi dan sempurna.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Warna Sofa

Pilih warna netral yang menenangkan

Tips memilih warna sofa lainnya yaitu memilih warna netral yang menangkan. Sofa berwarna krem, abu-abu muda, atau putih, bisa menciptakan kesan terbuka di ruangan apapun.

Warna-warna tersebut dapat memantulkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan, sehingga membuat ruangan lebih terang, lapang, dan luas.

Jika ingin melihat banyak warna di area sofa, maka bisa menggunakan bantal dan selimut dekoratif warna-warni.

Pilih warna yang cerah dan berani

Sofa berwarna cerah dan berani juga bisa menjadi pilihan untuk ruangan kecil. Warna cerah akan mengalihkan perhatian mata dari ukuran ruangan tersebut.

Julie Brown, pendiri sekaligus desainer utama di Brownhouse Design bahkan menjelaskan bahwa sofa yang cerah dan berani akan menarik perhatian dan menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar.

Baca juga: 3 Warna Sofa yang Dapat Membuat Ruang Keluarga Terlihat Lebih Besar

Pertimbangkan lanskap sekitarnya

Ilustrasi sofa.UNSPLASH/ADAM WINGER Ilustrasi sofa.

Saat memilih warna sofa, jangan lupa untuk mempertimbangkan lanskap yang ada di sekitar furnitur tersebut. Sebab, lingkungan sekitar sangat mempengaruhi tampilan sebuah ruangan.

Misalnya, jika ruang tamu menghadap ke taman, maka pilihlah sofa berwarna hijau rumput karena bisa memberikan kesan kesinambungan antara tampilan eksterior dengan interior. Cara ini bisa memberikan ilusi ruangan lebih besar.

Sementara itu, jika kamar berada di lantai atas dan langsung menghadap ke lingkungan perkotaan, maka pilihlah sofa berwarna biru langit yang bisa menonjolkan lanskap di sekitarnya, sehingga membuat ruangan terasa lebih luas.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Tips Memilih Warna Sofa yang Tepat untuk Ruangan

Jangan salah dalam memilih pola

Sofa tidak selalu polos. Sofa bermotif juga terlihat menarik saat ditempatkan di ruangan sempit, asalkan pemilihan polanya dilakukan dengan benar.

Jeanette Fusco, seorang desainer interior mengingatkan untuk menghindari pola yang mencolok di sofa. Sebaliknya, Fusco menyarankan untuk memilih pola yang lebih halus seperti garis kecil atau desain bertekstur agar ruangan kecil tidak terasa berantakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com