Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Sofa yang Bikin Ruang Tamu Sempit Tampak Luas

Kompas.com - 30/08/2023, 08:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa adalah investasi furnitur terbesar di ruang tamu. Gaya, ukuran, bahan, dan warna sofa akan memengaruhi estetika ruang tamu secara keseluruhan.

Dikutip dari Living Etc, Rabu (30/8/2023), warna sofa harus sesuai dengan skema dekorasi ruang tamu dan sesuai dengan warna yang Anda sukai, tetapi juga membantu membuat ruang tamu kecil atau ruang tamu sempit terasa lebih luas.

Dalam desain, skala dan warna selalu menginformasikan bagaimana perasaan seseorang dalam suatu ruang, kata Marie Flanigan dari Marie Flanigan Interiors.

Baca juga: Cara Membersihkan Bantal Sofa Berdasarkan Bahannya

Ilustrasi sofa, bantal sofa. SHUTTERSTOCK/ARTAZUM Ilustrasi sofa, bantal sofa.

Untuk membuat ruangan terlihat kohesif dan seimbang, warna sofa harus selalu melengkapi palet ruangan. Flanigan biasanya memilih warna solid untuk kain sofa, tapi dia suka jika kainnya memiliki tekstur tertentu, seperti beludru yang menambah dimensi dan kilau.

Jika ruangan berukuran kecil, menurut Flanigan, sebaiknya pilih kain berwarna lebih terang agar ruangan terasa lebih luas.

Namun, ada juga cara untuk memadukan warna sofa yang lebih gelap atau lebih berani ke dalam ruang tamu kecil.

Kain dan warna sofa memainkan peran penting dalam menentukan tampilan dan nuansa sebuah ruangan, sebut Helen Pett, duta desain di Arteriors.

Baca juga: Posisi Terbaik Meletakkan Sofa di Ruangan agar Tahan Lama

Dalam banyak skema, imbuh dia, desainer interior sering kali menggunakan bahan warna netral saat membuat desain klasik atau menonjolkan sofa dengan memilih warna yang kaya dan berani sehingga menjadi titik fokus.

Mencocokkan warna dinding dengan sofa menjembatani kedua teknik tersebut. Ini memfasilitasi pengenalan warna yang lebih cerah sekaligus membiarkan sofa kembali menyatu dengan warna dinding, menciptakan tampilan yang harmonis dan ramping, yang membuat ruangan terasa luas, papar Pett.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com