Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini 8 Cara Memilih Sofa Ruang Keluarga

Kompas.com - 28/07/2023, 10:33 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa adalah pusat dari ruang keluarga atau menjadi titik fokus. Sofa menjadi tempat Anda menghabiskan waktu untuk menjamu teman, menonton TV, dan bersantai pada akhir pekan.

Namun, dengan banyaknya pilihan sofa yang tersedia, dari yang ramping, berumbai, hingga yang berlapis kain atau modular, memilih perabot utama ini bisa menjadi tugas menakutkan. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Coklat

Pilihan sofa Anda harus mempertimbangkan semua hal, termasuk harga, kenyamanan, kualitas, warna, bahkan beberapa tambahan, seperti kain yang tahan noda.

Jadi, bagaimana  memilih dari semua jenis sofa untuk menyesuaikan gaya rumah Anda dan meningkatkan kenyamanan?

Untuk menyederhanakan tugas ini, berikut cara memilih sofa ruang keluarga dikutip dari Better Homes and Gardens, Jumat (28/7/2023). 

Formal

Ilustrasi sofa di ruang tamu. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi sofa di ruang tamu.
Ketika mendekorasi ruang keluarga atau area tempat duduk yang formal, pilih sofa dengan sandaran dan dudukan yang rapat.

Karena tidak memiliki bantal individu, sofa ini terlihat lebih rapi dan terasa lebih tradisional. Sofa dengan sandaran rapat serta dudukan yang longgar juga akan membantu Anda mendapatkan tampilan rapi sekaligus menawarkan kenyamanan yang lebih. 

Baca juga: 5 Cara Menata Sofa Abu-abu di Ruang Keluarga

Santai

Selanjutnya, cara memilih sofa ruang keluarga adalah mempertimbangkan faktor santai. Jika mencari tampilan lebih santai dan nyaman, carilah sofa dengan bantalan sandaran serta bantal kursi yang longgar.

Meski  cenderung lebih nyaman, hal ini berisiko terlihat berantakan seiring berjalannya waktu. Solusi cepatnya adalah membeli sofa dengan garansi bagus atau bantal berkualitas tinggi.

Elegan

Untuk tampilan klasik atau Eropa, cobalah sofa berumbai. Sofa yang tak lekang waktu ini cocok dengan gaya furnitur yang berbeda.

Sofa berumbai hadir dalam dua versi, yakni berumbai penuh (sandaran dan dudukan) dan  berumbai sebagian (hanya sandaran atau bantal dudukan, tapi tidak keduanya).

Meski sofa ini bergaya, tampilan dan nuansa kaku mereka mungkin tidak ideal untuk tempat tidur bayi atau kursi santai. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Warna Sofa

Gaya hidup 

Ilustrasi rusng tamu warna beige dengan sofa modular. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi rusng tamu warna beige dengan sofa modular.

Gaya hidup juga menjadi cara memilih sofa ruang keluarga. Apakah Anda akan makan dan minum di sofa? Apakah suka menonton film pada malam hari? Pertimbangkan bagaimana Anda akan menggunakan sofa dan lalu lintas yang akan terjadi.

Berapa lama anggota keluarga akan duduk di atasnya sepanjang minggu?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com