Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara dua ekor kucing memberikan lebih banyak kegembiraan di rumah, membuat sahabat bulu tidak bosan, dan memiliki teman, terlebih saat tidak ada orang di rumah.

Kedua kucing akan melakukan banyak hal bersama, dari makan bersama, bermain, tidur, berlarian, hingga bertengkar. 

Baca juga: Betulkah Kucing Takut Mentimun dan Apa Saja Bahayanya?

Terkadang kucing juga saling menjilat satu sama lain. Jilatan antarkucing itu terkadang tampak sangat manis, tetapi di lain waktu, kedua kucing terlihatbsangat obsesif.

Tentu saja, hal ini jelas merupakan salah satu perilaku kucing yang aneh dan membuat Anda menggaruk-garuk kepala. Lantas, mengapa kucing saling menjilat satu sama lain

Mengapa kucing saling menjilat satu sama lain? 

Ilustrasi kucing saling menjilat satu sama lain.Shutterstock/Okssi Ilustrasi kucing saling menjilat satu sama lain.
Ketika dua atau lebih kucing hidup bersama, biasanya ada setidaknya satu kucing yang selalu menjilati kucing lainnya dan terlibat dalam perilaku yang disebut "allogrooming".

Perilaku perawatan ini tidak hanya terbatas pada kucing, tetapi juga terjadi pada semua hewan "sosial", termasuk primata.

Ketika kucing saling menjilat satu sama lain, terutama pada bagian kepala, hal itu adalah bentuk kasih sayang, ikatan, dan kepercayaan serta sangat berguna dari perspektif perawatan. 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Tidak Mengubur Kotorannya

LeeAnna Buis, konsultan pelatihan dan perilaku kucing di Seattle, Amerika Serikat, mengatakan kepala adalah area tubuh yang tidak dapat dijangkau kucing untuk merawat diri mereka sendiri. 

Jadi, perilaku kucing menjilat satu sama lain berfungsi membantu keduanya merawat diri di bagian yang sulit dijangkau. 

Selain itu, alasan kucing saling menjilat satu sama lain adalah berkaitan dengan naluri bertahan hidup. "Kucing menciptakan aroma bersama yang unik bagi kelompoknya," kata Buis dilansir dari Reader's Digest, Jumat (28/7/2023).

Karena kucing menggunakan aroma, bahkan sebelum melihat, untuk mengidentifikasi teman dan lawan, aroma kelompok ini sangat penting dikenali.

Singkatnya, hal ini membuat kucing memiliki kebiasaan menjilat satu sama lain serta sudah ada sejak nenek moyang kucing. 

Baca juga: Mengapa Kucing Menyukai Kotak Kardus? Ini Alasannya

Apakah kucing suka menjilat satu sama lain?

Ilustrasi kucing menjilat satu sama lain.Shutterstock/bombermoon Ilustrasi kucing menjilat satu sama lain.
Jika mendengar dengkuran lembut saat kucing saling menjilat satu sama lain, jangan kaget. Para ahli mengatakan perilaku kucing ini adalah cara kucing bersosialisasi.

Jennifer Van de Kieft, ahli pelatihan dan perilaku kucing tingkat lanjut di New York City, AS, menjelaskan kucing menjilat satu sama lain adalah cara menunjukkan kasih sayang dan membantu memperkuat ikatan sosial. 

Ada juga naluri keibuan yang terlibat. "Ini dimulai sejak anak kucing masih kecil, saat induknya menggendong mereka selama satu menit untuk mendapatkan jilatan singkat sebelum lari lagi," imbuh Buis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com