Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2023, 08:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak kucing yang memiliki jadwal sangat sibuk, menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur.

Kucing hanya bangun untuk memeriksa tempat makan atau mencari sinar matahari untuk tidur siang. Terkadang kucing juga menyempatkan diri untuk memakan biskuit.  

Baca juga: 6 Masalah Perilaku yang Dialami Kucing, dari Mengeong sampai Menjilat

Namun, kucing yang manis dan suka bermanja-manja itu akan aktif serta terjaga pada malam hari. Sahabat bulu akan mencari buruan, entah serangga atau tikus, melompat ke atas pintu, dan melakukan perilaku yang menyebabkan kekacauan, bahkan setelah Anda mematikan lampu.

Saat berbaring di tempat tidur sambil mendengarkan kucing berlarian ke san kemari di lorong-lorong, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara kerja penglihatan malam kucing itu. 

Bisakah kucing melihat dalam gelap

Ilustrasi kucing melihat dalam gelap.Shutterstock/ninaveter Ilustrasi kucing melihat dalam gelap.
Meski banyak orang beranggapan kucing adalah hewan nokturnal atau aktif pada malam hari, sebenarnya kucing adalah hewan crepuscular, yang berarti paling aktif saat fajar dan senja.

Walau memiliki penglihatan malam yang jauh lebih baik daripada manusia, kucing tetap membutuhkan sedikit cahaya untuk melihat dalam kegelapan.

Jadi, jika Anda berencana pergi bertualang dengan sahabat bulu, ketahuilah kucing tidak dapat melihat dalam kegelapan seperti halnya kita. Namun, kucing bisa melihat dengan sangat baik dalam cahaya redup.   

Baca juga: Bisakah Kucing Menangis dan Apa Penyebabnya?

Katy Nelson, dokter hewan senior di Chewy, mengatakan kucing hanya membutuhkan sekitar seperenam dari jumlah cahaya yang dibutuhkan manusia untuk melihat dalam situasi kurang cahaya. Namun, sama dengan anjing, kucing tidak dapat melihat dalam kegelapan total.

Selain itu, sama dengan anjing, kucing memiliki lebih banyak kerucut di matanya serta tapetum sehingga kemampuannya untuk memproses cahaya jauh lebih unggul daripada manusia. 

"Kucing tidak hanya memiliki penglihatan yang baik, tetapi juga merupakan komunikator yang hebat," ujar Nelson dikutip dari Reader's Digest, Minggu (23/7/2023).  

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Mengeong pada Malam Hari, Apa Saja?

 

Apa yang dilihat kucing saat gelap?

Ilustrasi kucing melihat dalam gelap.Shutterstock/Sunnyday7 Ilustrasi kucing melihat dalam gelap.
Namun, meski kucing dapat melihat dengan cahaya lebih sedikit daripada manusia, bukan berarti apa yang mereka lihat dalam kegelapan lebih jelas.

"Faktor unik lainnya dari mata kucing adalah kornea yang melengkung, pupil vertikal, dan lensa yang besar," kata Nelson.

Pupil vertikal kucing dapat melebar hingga 135-300 kali (manusia hanya 15 kali manusia) dalam cahaya redup atau saat terstimulasi atau merasa senang. 

Jadi, itulah mengapa mata kucing menjadi sangat besar saat Anda memegang tongkat bulu!

Nelson menambahkan, hal ini memungkinkan kucing melihat lebih baik dalam suasana lebih gelap, tetapi segala sesuatunya tampak lebih kabur dengan membesarnya pupil mata. 

Baca juga: Penyebab Kucing Membuang Kotoran di Bathtub dan Wastafel

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com