Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis dan Cara Menggunakan Pelembut Kain Saat Mencuci

Kompas.com - 27/07/2023, 19:16 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelembut kain adalah cairan yang digunakan setelah akhir proses mencuci pakaian. Pelembut kain berfungsi melembutkan mengharumkan cucian, baik pakaian, celana, seprai, selimut, maupun kain lainnya.

Bahan kimia pelembut dalam pelembut kain melapisi kain agar terasa lebih lembut. Listrik statis yang terbentuk dalam pengering otomatis dari terlalu banyak elektron yang lepas memberikan muatan negatif pada atom-atom pakaian. 

Baca juga: Tidak Sulit, Cara Membersihkan Kuas Cat Pakai Pelembut Pakaian

Pelembut kain mengandung kationik atau ion bermuatan positif dan menyeimbangkan elektron serta ion untuk mencegah listrik statis.

Pelembut kain tersedia dalam sejumlah bentuk, seperti cairan, lembaran untuk digunakan dalam pengering, atau bola pengering yang dapat digunakan kembali.

Pelembut kain cair atau kondisioner kain ditambahkan ke mesin cuci selama siklus pembilasan. Selama siklus pembilasan, pelembut dibiarkan di dalam kain untuk menjenuhkan dan melapisi serat basah. Cairan ini dapat beraroma dan tidak. 

Baca juga: Trik Menghilangkan Noda Detergen dan Pelembut Kain pada Pakaian

Ilustrasi pelembut pakaian atau kain.Shutterstock/Sergey Lapin Ilustrasi pelembut pakaian atau kain.
Selain itu, pelembut kain mengandung bahan pelembut dan kimia yang membantu mencegah pemudaran, peregangan, juga penumpukan.

Sebagian besar lembaran pengering yang terbuat dari kain sintetis, bukan tenunan, dilapisi dengan larutan garam amonium kuaterner atau pelembut kain berbahan dasar minyak silikon (beraroma atau tidak beraroma).

Panas pengering melelehkan pelembut kain yang memungkinkan lapisan tersebut berpindah ke kain agar terasa lebih lembut saat disentuh. 

Baca juga: Kapan Harus Menggunakan Pelembut Pakaian dan Bagaimana Caranya?

 

Sebelum menggunakan pelembut kain

Sebelum menggunakan pelembut kain cair atau lembaran pengering, luangkan waktu  memeriksa label perawatan pakaian karena pelembut kain dapat mengubah kinerja beberapa kain.

Pelumas dalam pelembut kain dan lembaran pengering meninggalkan lapisan pada kain yang dapat mempengaruhi ketahanan terhadap api, sirkulasi udara, juga faktor kelembapan.

Jangan gunakan pelembut kain cair atau lembaran pengering pada kain-kain berikut ini.

1. Pilih bola pengering dari serat wol alami untuk mengurangi statis.

2. Pakaian tahan api, terutama piyama anak-anak, mengurangi kapasitas pendinginan sendiri.

3. Kain antiair dapat mengurangi kinerja pelembut kain.

4. Handuk pembersih mikrofiber, poliester dan nilon dari microfiber, sebenarnya terikat pada minyak dan kondisioner dalam pelembut sehingga daya serapnya berkurang secara kumulatif dari waktu ke waktu.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com