Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Melar, Ini 5 Cara Mencuci Pakaian Wol yang Tepat

Kompas.com - 15/06/2023, 08:11 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hills Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Wol menjadi salah satu material yang banyak digunakan untuk pakaian, seperti sweater dan atasan. 

Namun, wol adalah material yang berat dan membutuhkan perawatan serta pencucian yang sedikit berbeda dari bahan lain untuk menjaganya tetap bagus serta tahan lama. 

Baca juga: Cara Aman Mencuci Sweater Natal agar Tidak Rusak

Bahkan banyak persepsi mengatakan mencuci pakaian wol dapat menjadi sedikit sulit. Padahal, kenyataannya mencuci pakaian wol sangat mudah dilakukan.

Memang benar, mencuci pakaian wol dan mengeringkannya dengan cara salah dapat mengubah teksturnya menjadi melar.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut cara mencuci pakaian wol yang tepat dilansir dari Hills Home, Kamis (15/6/2023). 

Perhatikan pengaturan panas mesin cuci 

Ilustrasi mencuci pakaian wol.Shutterstock/Damian Lugowski Ilustrasi mencuci pakaian wol.
Material wol sering kali lebih baik dicuci dengan tangan atau dicuci kering. Namun, banyak dari bahan wol sebenarnya aman untuk dicuci dengan mesin cuci. Pastikan memeriksa labelnya terlebih dahulu.

Jika wol disetujui dicuci dengan mesin cuci, gunakan siklus wol. Apabila tidak ada siklus wol, siklus lembut sudah cukup.

Selain itu, gunakan detergen lembut untuk mencuci pakaian wol karena detergen konsentrat dapat menyebabkan masalah pemudaran serta mengikis bahan pakaian rajut. 

Baca juga: Tips Merawat dan Mencuci Pakaian Wol

Jemur pakaian wol di luar ruangan 

Jika Anda berpikir menggunakan pengering untuk pakaian wol, berhati-hatilah. Pastikan  memeriksa label pakaian  dan hanya mengeringkan dengan pengaturan rendah atau pengaturan halus jika diizinkan.

Namun, apabila ragu, sebaiknya menjemur pakaian wol di luar ruangan untuk menjaga bahannya tetap bagus dan awet. 

Cuci hanya saat diperlukan

Mencuci pakaian wol secara berlebihan sebenarnya dapat merusak kain dan tidak ada yang menginginkannya.

Karena itu, sebaiknya mencuci pakaian wol hanya jika diperlukan untuk menjaga kain tetap dalam kondisi sempurna. Jika pakaian perlu sedikit dirapikan, beberapa penghilang noda atau pencuci tangan yang lembut dapat membantu.

Trik lain menghilangkan noda kecil pada pakaian wol adalah membilasnya dengan air dingin atau air soda, lalu keringkan dengan kain. 

Baca juga: 3 Cara Menjemur Pakaian Saat Berkemah, Bikin Barang Bawaan Ringan

Mencuci pakaian wol dengan tangan

Ilustrasi pakaian wol.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi pakaian wol.
Selanjutnya, cara mencuci pakaian wol adalah menggunakan tangan atau manual. Mencuci tangan direkomendasikan untuk banyak produk wol karena bahannya yang lembut dan lebih kecil kemungkinannya menyebabkan kerusakan.

Jika Anda memilih mencuci pakaian wol dengan tangan, gunakan air hangat dan detergen lembut sambil menggosok dengan lembut pada bekas atau noda. 

Berhati-hatilah saat menyetrika pakaian wol 

Jika pakaian wol perlu sedikit disegarkan, Anda dapat menyetrikanya. Namun, penting  diperhatikan, hanya boleh menyetrika pakaian wol pada pengaturan paling rendah dengan kain tipis di atas pakaian agara panasnya tidak merusak bahan atau menempel pada benang.

Papan setrika yang berkualitas dengan penutup reflektif akan membantu mempercepat proses ini. Apabila tidak memiliki akses ke papan setrika, gantung pakaian di kamar mandi sambil mandi air panas. 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menjemur Pakaian

Uap air akan mengendurkan kerutan yang mungkin ada, yang sangat berguna saat Anda bepergian dengan koper yang penuh sesak.

Mencuci pakaian berbahan wol bisa jadi sulit. Namun, dengan adanya cara mencuci pakaian wol, dapat membantu Anda menemukan prosesnya sedikit lebih mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com