Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Menjemur Pakaian Saat Berkemah, Bikin Barang Bawaan Ringan

Kompas.com - 13/06/2023, 19:52 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hills Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergi berkemah untuk waktu lama membuat banyak cucian menumpuk saat kembali ke rumah. 

Ditambah, mencuci pakaian sehabis bepergi sering kali membutuhkan usaha ekstra lantaran bau dan bakteri yang sudah menumpuk.  

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menjemur Pakaian

Sebetulnya, masalah ini dapat diatasi dengan mencuci pakaian di tempat berkemah. Matahari bersinar dan udara segar siap melakukan pekerjaan ini sehingga meringankan barang bawaan saat pulang. 

Namun, kendalanya adalah menjemur pakaian. Hal ini karena tidak adanya tempat untuk menjemur atau jemuran di tempat berkemah. 

Untungnya, dilansir dari Hills Home, Selasa (13/6/2023), ada sejumlah cara menjemur pakaian saat berkemah

Baca juga: 6 Cara Aman Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan

Gunakan jemuran tunggal yang dapat ditarik

Menggunakan jemuran tunggal atau single adalah solusi pengeringan yang sangat fleksibel dan hemat tempat. Ini cocok untuk semua tempat berkemah, ruang terbuka kecil, garasi, dan balkon.

Jemuran ini sangat ringan dan ringkas, yang berarti sangat cocok untuk para mereka yang berkemah, bepergian, atau tinggal di tempat kecil dan tidak memiliki ruang penyimpanan y cukup.  

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Daya Mencuci Pakaian agar Lebih Bersih dan Harum

Jemuran yang dapat dilipat

Ilustrasi menjemur pakaian.Shutterstock/nednapa Ilustrasi menjemur pakaian.

Selanjutnya, cara menjemuar pakaian saat berkemah adalah menggunakan jemuran yang dapat dilipat atau ditarik. 

Jenis jemuran ini mudah ditangani dan terbuat dari bahan tahan UV sehingga Anda tidak perlu khawatir karena tidak akan melemah oleh suhu yang keras.

Tali jemurannya yang kuat sepanjang 15 meter ini dapat menahan hingga 10 kilogram beban cucian dan sistem loop unik untuk menggandakan tali jemuran.

Ini berarti Anda mencuci dengan beban yang layak. Hal terbaik dari semuanya adalah jemuran yang dapat ditarik ini memiliki garansi seumur hidup sehingga Anda tahu bahwa produk ini dibuat untuk bertahan lama. 

Baca juga: 4 Bahan Alami Pengganti Detergen untuk Mencuci Pakaian 

Braket putar 

Braket putar bisa menjadi cara menjemur pakaian saat berkemah. Breket ini memungkinkan saluran keluar pada sudut mana pun hingga 180 derajat untuk fleksibilitas pemasangan sehingga dapat dipasang di ruang yang paling tidak konvensional sekalipun.

Ini dapat dipasang pada permukaan apa pun yang dapat dikencangkan dengan dua sekrup dan desainnya yang unik berarti jemuran tidak akan pernah kusut atau macet.

Anda bisa memasang jemuran ke pilar samping karavan kami, tapi bisa juga dipasang secara eksternal ke trailer kemping atau karavan menggunakan sekrup baja tahan karat.

Jemuran ini bisa lilitkan di sekitar tenda kami, tetapi Anda bisa berkreasi sesuka hati dan pohon terdekat bisa digunakan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com