Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Meningkatkan Daya Mencuci Pakaian agar Lebih Bersih dan Harum

Kompas.com - 05/06/2023, 11:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan orang tidak menyukai mencuci pakaian karena tugas rumah tangga ini dianggap membosankan dan memakan waktu, terutama ketika Anda tidak dapat melihat atau mencium banyak perbedaan pada pakaian setelah melalui mesin cuci.

Jika detergen sepertinya hanya membuat kusam dan pakaian putih menjadi kuning atau kusam, ini bisa membuat makin membenci tugas mencuci pakaian

Baca juga: Cara Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci Uap

Namun, tak perlu khawatir, hari-hari mencuci pakaian yang membosankan sudah berakhir. Ada beberapa trik mencuci pakaian yang tidak hanya membuat lebih mudah, tapi juga pakaian terlihat lebih bersih dan bebas bau.

Nah, dikutip dari How Stuff Works, Senin (5/6/2023), berikut lima cara meningkatkan daya mencuci pakaian agar lebih bersih dan harum. 

Tambahkan boraks atau baking soda 

Ilustrasi boraks. SHUTTERSTOCK/GV IMAGE-1 Ilustrasi boraks.
Jika ingin detergen membersihkan pakaian dengan baik, membuat pakaian harum, dan menghilangkan noda dengan baik, berhentilah menggunakan cucian yang biasa-biasa saja.

Anda tidak perlu pergi keluar dan membeli merek khusus untuk membuat setiap siklus menjadi lebih kuat; cukup tambahkan sedikit sesuatu pada detergen. 

Untuk meningkatkan daya pembersih dan penghilang bau pada detergen biasa, tambahkan 118 mililiter boraks ke setiap cucian. Anda dapat menemukan boraks  di toko bahan makanan setempat.

Jika tidak ada boraks, sebagai gantinya gunakan baking soda ke mesin cuci bukaan atas atau 59 mililiter mesin cuci bukaan depan bersama dengan jumlah detergen yang biasa digunakan untuk menambah daya kerja detergen. 

Baking soda membantu detergen bekerja lebih baik dan menghilangkan bau, terlebih pakaian  olahraga dan kaus kaki.  

Baca juga: 4 Kesalahan Mencuci Pakaian yang Bikin Mesin Cuci Cepat Rusak

Mencuci kain halus dengan sabun cuci piring

Mesin cuci yang kuat dan luas mungkin tampak terlalu kuat untuk pakaian yang halus dan tidak bisa dicuci dengan tangan.

Namun, Anda bisa mencuci pakaian dengan aman tanpa harus bekerja keras di wastafel dan papan cuci. Pakaian yang lembut dapat dicuci dengan aman dan efektif di dalam mesin cuci dengan air hangat yang telah ditambahkan sedikit cairan pencuci piring ringan. 

Selain itu, dalam beberapa kasus, pakaian bertuliskan "hanya cuci kering" dapat dibersihkan di rumah. Beberapa kain dapat dibersihkan menggunakan larutan empat sendok makan baking soda dalam air dingin.

Pertama, ujilah bagian kecil yang tersembunyi pada kain untuk memastikan kain tersebut dapat menahan air dan mengetahui seberapa luntur warnanya.

Jika terbukti tahan terhadap tantangan, lakukanlah. Dengan cara ini, Anda tidak perlu pergi ke mana pun, kecuali ke ruang cuci untuk mengambil cucian dan akan menghemat uang. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Detergen Pods untuk Mencuci Pakaian

Memutihkan seprai putih

Ilustrasi seprai putih.Shutterstock/World_of_Textiles Ilustrasi seprai putih.
Selanjutnya, cara meningkatkan daya mencuci pakaian adalah menambahkan lemon untuk memutihkan seprai atau kain putih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com