Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini Cara Mencuci Pakaian dengan Tangan yang Tepat

Kompas.com - 16/05/2023, 19:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum ada teknologi dan kemunculan mesin cuci, tugas mencuci pakaian masih dilakukan dengan tangan dan menggunakan papan cuci.

Tidak heran, bila banyak orang takut akan tugas rumah tangga ini. Namun, meski sekarang sudah ada mesin cuci, ada beberapa pakaian yang mengharuskan kita mencucinya dengan tangan. 

Baca juga: Bolehkah Mencuci Pakaian Bayi dengan Mesin Cuci?

Biasanya, pakaian yang lebih halus dan mahal membutuhkan pencucian dengan tangan, bahkan terkadang sesuai dengan petunjuk dari pakaian itu sendiri.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketehui sebelum mencuci pakaian dengan tangan seperti dikutip dari How Stuff Works, Selasa (16/5/2023).

Hindari menggosok pakaian terlalu kuat

Ilustrasi mencuci pakaian dalam dengan tangan, mencuci bra. SHUTTERSTOCK/AMORNRACH CHAIYACHAT Ilustrasi mencuci pakaian dalam dengan tangan, mencuci bra.

Mencuci pakaian dengan tangan dan memakai mesin cuci, bahkan pada siklus lembut, tentu berbeda. Goyangan pada siklus lembut dapat meregangkan, menjerat, atau menarik kain.

Mesin cuci bukaan depan memiliki gerakan lebih sedikit, tetapi bagaimanapun mencuci pakaian dengan tangan tidak sama dengan siklus lembut. Meski begitu, hindair menggosok pakaian terlalu kuat saat mencuci dengan tangan.

Baca juga: 6 Cara Mencuci Pakaian agar Tetap Bagus dan Awet 

Baca label pada pakaian 

Jika label bertuliskan "hanya untuk cuci kering", lanjutkan dengan hati-hati. Ini mungkin berarti air akan merusak kain tersebut atau agitasi yang buruk bagi pakaian tersebut.

Jika memutuskan mencuci pakaian dengan tangan, Anda mengambil risiko. Jadi, jika barang tersebut tidak tergantikan atau mahal, putuskan apakah itu sepadan.

Kenali kain

Pakaian atau kain yang baik untuk dicuci dengan tangan biasanya adalah warna-warna solid, kasmir, beberapa sutra, dan beberapa wol.

Kain, seperti beludru atau taffeta, lebih baik diserahkan pada binatu untuk dicuci secara dry cleaning. Contohnya, sutra Dupioni, sutra yang ditenun dari dua ulat sutra berbeda. Dengan pencucian, Dupioni akan menyusut, kehilangan kekakuan dan kemilau.

Baca juga: Cara Mengetahui Jumlah Deterjen yang Dibutuhkan untuk Mencuci Pakaian 

Meringankan beban Anda

Ilustrasi mencuci pakaian putih.Shutterstock/VGstockstudio Ilustrasi mencuci pakaian putih.
Meski merupakan solusi baik saat bepergian, mencuci pakaian dengan tangan tidak bekerja baik pada kain berat, seperti handuk atau celana jeans.

Membilas saja akan menggunakan lebih banyak air daripada mesin cuci. Lakukan untuk "barang yang tidak terlalu banyak" atau beberapa barang sekaligus.  

Baca juga: Hindari 9 Kesalahan Mencuci Pakaian Putih Ini, Bikin Kusam dan Rusak

Kiat-kiat mencuci pakaian dengan tangan

Anggap saja pakaian aman untuk dicuci dengan tangan dan Anda siap memulai. Berikut cara mencuci pakaian dengan tangan. 

  • Gunakan wastafel bersih 

Sebelum memulai mencuci pakaian dengan tangan, bersihkan wastafel atau ember sebagai tempat merendam, menggosok, dan membilas. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com