Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menjemur Pakaian

Kompas.com - 12/06/2023, 16:13 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPA.com - Menjemur pakaian menjadi salah satu cara mengeringkan pakaian selain menggunakan mesin pengering. 

Menjemur dianggap metode alami karena tidak akan membuat rusak kain dan pakaian serta bia mencerahkan, khusus kain putih.  

Baca juga: 6 Cara Aman Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan

Namun, saat menjemur pakaian, banyak orang asal menggantungkan saja dan melakukan kesalahan. 

Christian Rechichi dari Hills—penyedia jemuran pakaian terbaik di Australia—membagikan kesalahan yang dilakukan saat menjemur pakaian dikutip dari Love to Know, Senin, (12/6/2023).

Tidak menggunakan pasak pada tali jemuran 

Ilustrasi mencuci pakaian putih, menjemur pakaian putih.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi mencuci pakaian putih, menjemur pakaian putih.
Tidak ada yang lebih buruk daripada pasak yang rusak karena sinar matahari dan terus-menerus patah dan melukai jari-jari Anda.

"Pasak sering diabaikan, tetapi bisa berdampak besar pada cucian Anda," kata Christian.

Pasak yang berkualitas buruk mudah menjadi lapuk, meninggalkan residu pada cucian seperti karat, dan tidak mudah patah setelah digunakan selama beberapa bulan.

"Ketika menjemur pakaian di luar, sebaiknya selalu gunakan pasak karena seprei yang paling panjang sekalipun bisa tertiup angin dari tali jemuran," ujar Christian.

Hal ini tidak begitu penting ketika menjemur pakaian di dalam ruangan. Namun, dengan menggunakan pasak, Anda bisa menggantung pakaian atau seprei dari ujungnya sehingga cucian memiliki area jemur lebih luas dan cepat kering. 

Baca juga: Ketahui, Hal yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan saat Menjemur Pakaian

Mengelompokkan pakaian di tali jemuran 

Selanjutnya, kesalahan yang dilakukan saat menjemur pakaian adalah mengelompokkan pakaian di tali jemuran. Untuk mendapatkan penggunaan ruang jemuran yang paling efektif, sebarkan pakaian secara merata dan rapi agar pakaian dapat kering dengan baik serta tanpa kerutan, yang dapat disebabkan tumpukan pakaian.

"Cara terbaik memastikan Anda menggunakan ruang jemuran secara efektif adalah memilih jemuran yang sesuai dengan beban cucian terbesar," saran Christian.

Menggunakan jemuran yang terlalu kecil berarti Anda harus mencuci beberapa kali dengan beban lebih kecil atau membebani jemuran secara berlebihan, yang akan menyebabkan waktu pengeringan lebih lama dan berpotensi membuat pakaian kusut. 

Baca juga: Menjemur Pakaian Putih di Bawah Sinar Matahari Bisa Mencerahkannya?

Menggantung banyak barang pada satu tali jemuran 

Ilustrasi menjemur pakaian.Shutterstock/Wojciech Skora Ilustrasi menjemur pakaian.
Berbagi jemuran mungkin lebih cepat dan menghemat ruang jemuran. Namun, hal ini tidak disarankan untuk membuat pakaian kering dengan cepat dan menjadi kesalahan menjemur pakaian yang sering dilakukan. 

"Berikan ruang yang cukup di antara cucian untuk memungkinkan aliran udara yang lebih baik untuk pengeringan dan menghindari kerutan," imbuh Christian.

Semakin banyak aliran udara, semakin baik. Namun, pakaian yang lebih ringan, seperti baju olahraga, celana yoga, kaus kaki, dan pakaian dalam akan lebih cepat kering daripada pakaian yang lebih berat sehingga tidak membutuhkan banyak ruang di antara pakaian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com