Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencuci Pakaian Tanpa Deterjen, Ini yang Akan Terjadi

Kompas.com - 11/07/2023, 23:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam keadaan mendesak, banyak orang kerap kali mencuci pakaian tanpa drterjen, alias hanya menggunakan air. Namun demikian, apakah mencuci pakaian tanpa deterjen bisa membuat pakaian bersih dan bebas bau? 

Dikutip dari House Digest, Selasa (11/7/2023),  mencuci pakaian tanpa deterjen bukan ide terbaik. Noda yang lebih dalam kemungkinan besar tidak akan keluar dari kain di dalam air saja, dan bau tidak sedap cenderung tertinggal, meskipun pakaian terlihat bersih.

Selain itu, warna kain dapat memudar seiring waktu dan menjadi kaku atau mengeras karena endapan logam saat deterjen tidak digunakan. Hasilnya kurang memuaskan.

Baca juga: Kenapa Mencuci Pakaian Harus Dipisah? Ini Penjelasannya

Ilustrasi mencuci pakaianDok. Shutterstock Ilustrasi mencuci pakaian

Mengapa deterjen dibutuhkan untuk mencuci pakaian? 

Bakteri, bau, dan noda dihilangkan dari pakaian dengan bantuan deterjen. Tanpanya, noda berminyak mampu mengusir air, dan kotoran yang terperangkap di lipatan dan celah kain akan tetap ada.

Selain itu, air mengandung logam, dan logam ini tersimpan di pakaian. Karena endapan ini menumpuk dari waktu ke waktu, deterjen dapat mencegah pembuangan kotoran dari kain dan merusak tekstur dan warna.

Alasan deterjen efektif adalah karena mengandung surfaktan, yaitu bahan kimia yang mengikat dan membentuk molekul di sekitar partikel kotoran pada pakaian.

Surfaktan mampu mengangkat partikel kotoran yang terperangkap dari kain dan masuk ke dalam larutan pembersih.

 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Darah Kering dari Pakaian dan Kain

Selain itu, deterjen memiliki kondisioner air yang mengikat logam alami di dalam air, mencegahnya melekat pada pakaian atau mengganggu proses pembersihan. 

Deterjen juga memiliki agen penghilang bau yang membantu menembus jauh ke dalam kain dan menghasilkan pakaian yang berbau segar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com