Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menata Pakaian di Lemari Kecil

Kompas.com - 30/06/2023, 14:31 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerapian dan keteraturan lemari pakaian perlu dijaga. Penting untuk memanfaatkan ruang di lemari, terlebih pada lemari berukuran kecil.

Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencari-cari pakaian Anda di pagi hari, beberapa pengaturan untuk ruang kecil dapat membantu mengatur pakaian.

Dikutip Real Homes, Jumat (30/6/2023), Lisa Jacobs, professional organizer dari Imagine It Done, mengatakan, penting untuk memiliki lemari yang terorganisasi demi ketenangan pikiran, kesehatan mental, dan produktivitas sehari-hari. 

Baca juga: 7 Benda yang Harus Disingkirkan dari Lemari Pakaian, Bikin Berantakan

Ilustrasi lemari pakaian.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi lemari pakaian.

Berikut ini sejumlah tips untuk menata pakaian di lemari kecil.

1. Pertimbangkan untuk meminimalkan pakaian

Jacobs mengatakan, kesalahan terbesar yang dilakukan orang dalam menata lemari mereka adalah mengabaikan decluttering. Ini adalah langkah pertama dan paling penting untuk berhasil.

Pakaian yang tidak terorganisasi akan membuat Anda membutuhkan lebh banyak waktu dalam menemukan pakaian yang ingin Anda kenakan. Ruang yang terorganisasi adalah pikiran yang terorganisasi dan kehidupan yang tertata, katanya.

Baca juga: Decluttering, Teknik Merapikan Rumah yang Berantakan

2. Gunakan gantungan baju yang hemat tempat

Saat menata ulang lemari, gunakan gantungan yang ramping untuk menghemat ruang. Gantungan beludru bisa menjadi pilihan terbaik. Menggunakan gaya dan warna gantungan beludru yang sama untuk pakaian Anda akan menjaga daya tarik yang ramping.

Untuk tampilan yang lebih minimalis, pilihlah gantungan baju berwarna hitam yang tidak licin. Anda juga dapat memilih warna yang lebih cerah untuk menambah kesan ceria.

Untuk keteraturan, penampilan yang elegan, dan efisiensi, perbarui gantungan baju. Ini adalah aksesori nomor satu yang paling penting, saran Jacobs.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com