Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Pakaian Kotor Setelah Dicuci dan Cara Menghilangkannya

Kompas.com - 03/07/2023, 09:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian bertujuan membuat pakaian menjadi bersih dan bebas bau.

Namun, setelah selesai mencuci pakaian, tak jarang pakaian tidak lebih bersih daripada sebelum memasukkannya ke mesin cuci. Bahkan pakaian terkena noda hitam dan biru.  

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Coklat pada Pakaian

Lantas, apa yang membuat pakaian kotor dan muncul noda-noda setelah dicuci? 

Tidak ada satu alasan universal mengapa noda muncul pada pakaian setelah dicuci. Namun, ada beberapa alasan yang dapat Anda atasi agar noda-noda tersebut tidak menjadi hal yang biasa.

Sebelum memutuskan membeli mesin cuci baru, pastikan tidak melewatkan noda yang tersembunyi atau sulit terlihat sebelum memasukkan pakaian atau kain ke mesin cuci.

Pakaian yang terdapat noda akan menyebar dan menjadi lebih jelas ketika dirawat dan dipanaskan. Makan itu, sebelum mencuci, periksa pakaian apakah ada noda baru sehingga Anda dapat merawatnya dengan benar.  

Akan tetapi, apabila tida melihat noda sebelum memasukkan pakaian ke mesin cuci, ada beberapa penyebab pakaian kotor setelah dicuci seperti dilansir dari Love to Know, Senin (3/7/2023).  

Baca juga: Cegah Melar, Ini 5 Cara Mencuci Pakaian Wol yang Tepat

Drum mesin cuci kotor

Ilustrasi mencuci pakaian wol.Shutterstock/Damian Lugowski Ilustrasi mencuci pakaian wol.
Hampir setiap peralatan memiliki rutinitas pembersihan dan perawatan yang direkomendasikan, tapi kita semua pergi berbulan-bulan tanpa memikirkan pembersihan yang mendalam di benak kita.

Mesin cuci perlu dibersihkan sekitar sebulan sekali, terutama jika Anda meninggalkan pakaian  di dalam mesin cuci selama beberapa jam sebelum membaliknya atau menjaga mesin cuci  tetap tertutup sepanjang waktu.

Bakteri dan jamur dapat tumbuh di dalam drum serta menyebar ke pakaian selama siklus pencucian. Selain itu, hal ini juga dapat membuat pakaian berbau tidak sedap. 

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Daya Mencuci Pakaian agar Lebih Bersih dan Harum

Menggunakan terlalu banyak detergen atau pelembut

Selanjutnya, penyebab pakaian kotor setelah dicuci adalah memakai detergen atau pelembut terlalu banyak. Penting memeriksa buku petunjuk mesin cuci untuk mengetahui jenis detergen yang dibutuhkan.

Mesin cuci dengan efisiensi lebih tinggi membutuhkan lebih sedikit detergen. Jadi, jika menemukan noda putih atau biru pada pakaian setelah mencuci, Anda mungkin memasukkan terlalu banyak sabun ke dalam drum.

Mesin cuci efisiensi tinggi tidak menggunakan banyak air dalam siklus pencucian seperti model lama. Menambahkan terlalu banyak sabun, akan menghasilkan banyak busa sehingga mesin tidak dapat membersihkannya sepenuhnya dari pakaian. 

Baca juga: 4 Penyebab Mesin Cuci Mengisi Air Tanpa Henti

Ada karat pada mesin cuci atau pengering

Ilustrasi mencuci pakaian dengan tangan.Shutterstock/birdbyb stockphoto Ilustrasi mencuci pakaian dengan tangan.
Karat juga menjadi penyebab pakaian kotor setelah dicuci. Biasanya, hal ini tidak Anda sadari hingga mendapatkan noda coklat kemerahan.

Untuk noda karat, jika terjadi pada mekanisme internal, Anda perlu memanggil teknisi untuk memperbaiki mesin cuci. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com