Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Lokasi Meletakkan Sofa di Kamar Tidur, Haruskah Memilikinya?

Kompas.com - 03/07/2023, 08:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa umumnya diletakkan di ruang keluarga dan ruang tamu. Kedua ruangan ini dianggap tepat lantaran menjadi tempat berkumpul dan duduk bersama keluarga serta menyambut tamu. 

Namun, itu bukan satu-satunya lokasi yang cocok untuk meletakkan sofa. Sofa juga dapat diletakkan di kamar tidur. Sofa bekerja sangat baik untuk memberikan pilihan tempat duduk yang nyaman di kamar tidur. 

Baca juga: 6 Tips Meletakkan Sofa di Ruang Tamu Kecil

Ini sedikit lebih tidak biasa dibanding dengan desain penataan furnitur lainnya, tetapi jangan biarkan hal ini membuat Anda patah semangat.

Meletakkan sofa di kamar tidur bisa menjadi tempat tambahan bersantai sambil membaca buku atau minum. 

Meletakkan sofa di kamar tidur adalah ide bagus selama Anda memiliki cukup ruang dan memastikan tidak memenuhi titik fokus di kamar tidur.

Lokasi meletakkan sofa di kamar tidur

Ilustrasi kamar tidur dengan sofa.Shutterstock/adpePhoto Ilustrasi kamar tidur dengan sofa.
Jika telah memutuskan menambahkan sofa ke kamar tidur, langkah selanjutnya adalah mencari tahu di mana lokasi meletakkannya.

Memilih lokasi perlu mempertimbangkan ukuran ruangan serta dimensi sofa. Memiliki ruang yang cukup luas di kamar tidur dapat memberi Anda pilihan penempatan yang lebih fleksibel.

Nah, dilansir dari Rhythm of the Home, Senin (3/7/2023), berikut lokasi meletakkan sofa di kamar tidur

Baca juga: Jangan Asal, Ini 6 Cara Meletakkan Sofa di Ruang Keluarga

  • Dekat dengan jendela

Banyak pemilik rumah menyukai posisi ini karena dapat memanfaatkan cahaya alami lebih mudah. Jika berniat bersantai di sofa kamar tidur dan menikmati membaca, masuk akal memilih lokasi di dekat jendela.

Beberapa tata letak kamar tidur bekerja sangat baik dengan pengaturan semacam ini. Kamar tidur yang luas dengan jendela-jendela besar kemungkinan terlihat lebih seimbang dengan tambahan perabot yang dekat dengan tempat paling banyak mendapatkan sinar matahari.  

Meletakkan sofa di kamar tidur di dekat jendela umumnya merupakan ide baik, tetapi mungkin tidak bekerja seperti yang diharapkan untuk gaya sofa tertentu.

Sofa dengan model sandaran tinggi berpotensi menghalangi sinar matahari. Pilih desain sofa dengan sandaran rendah atau letakkan dengan hati-hati agar cahaya alami dapat masuk ke  ruangan.

Manfaatkan tirai yang serasi untuk meningkatkan gaya sofa dan memastikannya sesuai dengan ruangan. 

Baca juga: 5 Keuntungan Meletakkan Sofa di Ruang Kerja, Bikin Produktif

  • Melawan dinding yang berlawanan

Ilustrasi kamar tidur dengan sofa.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi kamar tidur dengan sofa.
Memiliki tempat tidur yang menghadap ke dinding kosong bisa menjadi masalah umum saat merencanakan tata letak ruangan ini.

Namun, dinding ini bisa menjadi lokasi meletakkan sofa di kamar tidur dan menciptakan zona terpisah di kamar tidur. Dengan meletakkan sofa pada dinding berlawanan, Anda dapat menciptakan banyak peluang dekorasi untuk membuat kamar tidur lebih bergaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com