Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Faktor yang Mempengaruhi Umur Kucing Lebih Panjang

Kompas.com - 03/07/2023, 08:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pencinta kucing, Anda tentu pernah mendengar rumor bahwa kucing memiliki sembilan nyawa.

Namun, berapa lama sebetulnya umur kucing? Umur kucing tergantung pada ras, gaya hidup atau kesehatan, dan perawatan yang diberikan. 

Baca juga: 8 Masalah Kulit pada Kucing yang Tidak Boleh Diabaikan

Misalnya, rata-rata umur kucing rumahan antara 10 hingga 15 tahun, tetapi beberapa ras bisa mencapai usia 25 tahun.

Sedangkan ras kucing yang hidup paling lama adalah kucing Burma dengan usia hidup rata-rata 18-25 tahun, jauh lebih lama daripada ras lainnya.

Kucing Burma tertua yang tercatat, bernama Kataleena Lady yang hidup hingga usia 27 tahun.

Apakah ras kucing campuran atau ras murni hidup lebih lama?

Ilustrasi kucing Siberian.Shutterstock/Sergio Photone Ilustrasi kucing Siberian.
Dilansir dari Love to Know Pets, Senin (3/7/2023), secara umum, ras kucing campuran lebih sehat dan tangguh daripada ras murni karena keragaman genetiknya sehingga cenderung hidup lebih lama.

Risiko terjadinya perkawinan silang dan penguatan penyakit terkait ras yang diwariskan lebih kecil, seperti cacat kepala Burma (BHD) pada kucing Burma atau miopati Devon rex pada ras kucing Devon Rex.

Namun, setiap kucing adalah individu. Apakah kucing ras campuran atau ras murni, selalu ada kemungkinan seekor kucing dapat hidup sampai usia tujuh atau 27 tahun. Anda juga harus ingat bahwa genetika hanyalah sebagian dari faktor yang mempengaruhi.

Selain itu, kucing hitam memiliki usia hidup lebih lama? Penelitian menunjukkan bahwa gen yang bertanggung jawab atas warna bulu hitam pada kucing dan jaguar juga terkait dengan resistensi terhadap virus imunodefisiensi kucing (FIV).  

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kucing Tetap Sejuk Selama Cuca Panas

Faktor yang mempengaruhi umur kucing

Ras bukan satu-satunya hal yang menentukan umur kucing. Beberapa faktor berkontribusi pada berapa lama kucing hidup, termasuk pola makan dan lingkungan.

Jangan khawatir, kasih sayang, perhatian, dan perawatan yang diberikan pemilik pada kucing juga turut menjadi faktor yang mempengaruhi umur kucing

Nah, berikut faktor yang mempengaruhi umur kucing lebih lama. 

  • Lingkungan

Ini mungkin mengejutkan, tetapi salah satu hal terbesar yang dapat memperpendek usia kucing adalah lingkungannya, yaitu apakah Anda mengurungnya di dalam rumah atau melepaskannya di luar rumah.

Umur kucing di luar ruangan hanya dua hingga lima tahun, jauh lebih pendek daripada kucing di dalam ruangan, yaitu rata-rata 10-15 tahun.

Hal ini karena kucing dalam ruangan berada dalam risiko, seperti tertabrak mobil, diserang obinatang buas, atau terinfeksi penyakit yang mengancam jiwa di luar ruangan. 

Baca juga: 5 Cedera Ekor yang Dialami Kucing dan Cara Mengobatinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com