Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Cara Membuat Kamar Tidur Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 29/06/2023, 17:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas beberapa waktu terakhir menimbulkan ketidaknyamanan, termasuk saat tidur di malam hari.

Memahami cara menjaga kamar tidur tetap sejuk sepanjang hari akan menjadi kunci untuk memastikan saat malam tiba, Anda memiliki tempat yang sejuk dan tenang untuk tidur.

Penelitian telah menunjukkan bahwa suhu optimal untuk tidur adalah sekitar 18 derajat celcius, dan jika kamar tidur kita lebih hangat dari itu, kita akan membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur dan menyebabkan gangguan tidur, kata Sam Tamlyn, direktur pelaksana California Shutters, dikutip dari Ideal Home, Kamis (29/6/2023).

Baca juga: Cara Membersihkan AC Jendela agar Bekerja Optimal Saat Cuaca Panas

Ilustrasi suhu panas, cuaca panas di rumah. Kipas angin membantu mengurangi udara panas, membuat keringat cepat menguap dan menjaga udara tetap sejuk.SHUTTERSTOCK/STUDIO ROMANTIC Ilustrasi suhu panas, cuaca panas di rumah. Kipas angin membantu mengurangi udara panas, membuat keringat cepat menguap dan menjaga udara tetap sejuk.

Ada beberapa hal penting yang dapat Anda lakukan tidak hanya untuk menjaga kamar tidur tetap sejuk, tetapi juga untuk menurunkan suhu tubuh sebelum tidur untuk membantu Anda mendapatkan tidur yang sebaik mungkin, imbuh Tamlyn.

Kenapa sulit tidur saat cuaca panas?

Saat kita tertidur, suhu tubuh kita turun secara alami, jelas Lindsay Browning, psikolog dan pakar tidur di And So To Bed.

Ketika kamar tidur terlalu panas, atau selimut Anda terlalu tebal, Anda akan berjuang untuk menurunkan suhu tubuh, yang membuat tidur menjadi lebih sulit,

Idealnya, suhu kamar tidur harus sekitar 15 sampai 18 derajat celcius, dan akan membantu jika suhu tubuh Anda juga bagus dan sejuk.

Baca juga: Apa Itu Dehumidifier dan Manfaatnya Saat Cuaca Panas?

Mandi atau mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu memicu respons pendinginan alami tubuh Anda. Mandi air dingin juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan membuat Anda merasa lebih sejuk, terang Tamlyn.

Berikut beberapa cara membuat kamar tidur tetap sejuk saat cuaca panas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com