Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2021, 07:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memilih material, ukuran, serta desainnya, saat memilih sofa untuk ruang tamu harus memerhatikan warna juga.

Pemilihan warna ini penting karena akan memengaruhi tampilan desain interior di dalam ruangan. Selain itu, warna sofa juga harus selaras dengan pewarnaan cat dinding ruangan tersebut.

Dilansir dari The Spruce, Jumat (1/1/2021), ada desainer interior yang mengunggulkan sofa yang senada dengan warna dinding untuk menyatukan ruangan dan membuat ruangan terlihat lebih besar.

Baca juga: 5 Ide Mempercantik Ruang Tamu dengan Bantal Sofa

Namun, jika membeli sofa yang sesuai dengan warna dinding, mengubah warna dinding di masa mendatang bisa jadi rumit.

Pendekatan paling umum adalah memilih sofa yang melengkapi dekorasi lainnya dan tidak menjadi pusat perhatian atau disamarkan dengan warna dinding. Inilah mengapa warna sofa netral paling populer di sebagian besar rumah.

Sofa Terang atau Gelap

Setelah memutuskan apakah sofa akan menjadi aksen atau warna netral, Anda harus memutuskan apakah sofa akan memiliki warna terang atau gelap.

Selain itu, warna lantai juga memiliki pengaruh besar dalam pemilihan warna sofa yang tepat. Karena sofa biasanya berukuran besar dan berlapis kain, serta sebagian besar kain dapat menyerap cahaya, hal itu dapat membuat ruangan menjadi sangat gelap.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Sofa

Jika meletakkan sofa gelap di lantai gelap, sofa itu akan tampak seperti menghilang ke dalam ruangan. Jika ingin menggunakan sofa gelap di lantai yang gelap, Anda harus mencoba membuatnya lebih terlihat.

Sofa gelap dengan kaki logam atau kayu ringan dapat menciptakan ruang visual antara sofa dan lantai. Sementara itu, penggunaan karpet yang lebih terang di bawah bagian depan sofa dapat memisahkan warna-warna gelap dan menonjolkan warna sofa.

Meja kopi kayu atau logam ringan juga bisa membantu lebih menonjolkan warna sofa gelap tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com