Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memilih Skema Warna yang Seimbang Menurut Ahli

Kompas.com - 17/04/2024, 16:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menemukan warna yang tepat untuk menghias interior rumah bukanlah hal yang mudah. 

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat memiliki skema warna untuk interior rumah. Sebab, jika salah saat memilih warna, maka rumah akan terlihat kurang menarik dan membosankan. 

Sebaliknya, skema warna yang tepat membuat rumah menjadi lebih menyenangkan dan estetik. Dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (17/4/2024), berikut tips memilih skema warna yang seimbang menurut ahli. 

Baca juga: Cara Membuat Skema Warna yang Bisa Meningkatkan Suasana Hati di Rumah

Menerapkan teori warna

Ilustrasi mengecat dinding rumah. FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi mengecat dinding rumah.

Teori warna bisa digunakan untuk membantu menentukan skema warna yang tepat. Berdasarkan teori warna, setiap warna memiliki makna dan bisa memberikan kesan tersendiri di sebuah ruangan. 

Patrick O’Donnell, duta merek Farrow & Ball, mengatakan bahwa warna merah berkaitan dengan energi dan tindakan. Warna ini juga bisa meningkatkan metabolisme, sehingga cocok untuk ruang makan. 

Sedangkan, warna gelap seperti cokelat kemerahan bisa memberikan kesan elegan, dramatis, dan hangat yang cocok untuk kamar tidur. 

Baca juga: 6 Tips Memilih Skema Warna Terbaik untuk Ruang Tamu

Sementara itu, untuk ruang kerja, ruang tamu, dan dapur bisa menggunakan warna biru yang memberikan kesan tenang. Selain biru, warna kuning yang penuh energi juga bisa digunakan untuk menghias dapur dan ruang kerja. 

Di kamar mandi bisa menggunakan warna putih karena warna ini melambangkan kemurnian, kebersihan, dan kejernihan. 

Pertimbangkan faktor cahaya matahari

Selanjutnya, tips memilih skema warna yang seimbang yaitu dengan mempertimbangkan faktor cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan. 

Pencahayaan akan mempengaruhi kesan yang ditimbulkan dari sebuah warna. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan penyinaran matahari sebelum mengecat ruangan. 

Baca juga: 5 Skema Warna untuk Rumah Lebih Segar

Patrick mengatakan untuk mencerahkan ruangan yang menghadap ke utara, sebaiknya jangan hias dengan warna dasar hijau, abu-abu, atau warna gelap yang sejuk. 

Sementara itu, untuk ruangan yang menghadap ke selatan, sebaiknya pilih warna lembut dan pucat untuk memaksimalkan kesan terang dan lapang. 

Cahaya di ruangan yang menghadap ke barat lebih sejuk di pagi dan hari dan terang di sore hari, maka dari itu, warna hangat bisa dipilih untuk menghias ruangan yang menghadap ke barat. 

Sedangkan warna biru muda dan hijau cocok ditampilkan pada ruangan yang menghadap ke timur karena memberikan efek tenang. 

Baca juga: Pilihan Skema Warna Untuk Teras Rumah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com