Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Skema Warna Eksterior Rumah yang Cocok untuk Semua Gaya Arsitektur

Kompas.com - 03/02/2024, 19:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Skema warna eksterior rumah berperan penting dalam menghadirkan tampilan dan suasana rumah yang menyenangkan.

Kombinasi warna cat di dinding, trim, pintu depan, dan ornamen dekorasi eksterior rumah akan menentukan estetika di hunian tersebut. Maka dari itu, penentuan warna eksterior rumah harus dilakukan dengan cermat.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, berikut beberapa skema warna eksterior rumah yang cocok untuk semua gaya arsitektur.

Baca juga: Skema Warna Cat Terbaik untuk Eksterior Rumah

Warna biru

eksterior rumah berwarna biruShutterstock/Jessica Kirsh eksterior rumah berwarna biru

Biru bisa dipilih sebagai skema warna eksterior rumah yang menarik. Biru bisa dipadukan dengan warna putih yang membuat tampilan rumah terlihat anggun.

Selain anggun dan cantik, warna biru dan putih juga membuat rumah terlihat manis dan menarik. Warna biru dan putih juga membuat rumah terlihat terang dan bersih.

Warna netral

Skema warna eksterior rumah lainnya yaitu warna netral. Palet warna serba netral terlihat sangat halus dan semakin menarik jika dipadukan dengan warna hitam yang tegas.

Jika ingin membersihkan kesan anggun, cobalah untuk mengecat eksterior rumah dengan warna krem dengan daun jendela dan pintu depan menggunakan warna hitam. Gunakan juga warna putih pada trim untuk tampilan yang lebih tajam.

Baca juga: 7 Warna Netral yang Membuat Ruangan Kecil Terasa Lebih Besar

Abu-abu

Warna abu-abu bisa digunakan untuk menghias seluruh permukaan rumah. Padukan warna abu-abu dengan warna lain agar tampilan rumah terlihat lebih menarik.

Misalnya, gunakan warna abu-abu untuk menghias dinding, sedangkan pintu depan dicat dengan warna biru yang mencolok.

Warna monokromatik

Skema warna monokromatik juga bisa dipilih untuk menghias eksterior rumah. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan satu warna bisa membuat rumah terasa kuno dan membosankan.

Untuk menghindarinya, cobalah menggunakan satu warna dengan tingkat kontras yang berbeda.

Ilustrasi eksterior rumah.Shutterstock/Jason Finn Ilustrasi eksterior rumah.

Misalnya, menggunakan satu warna abu-abu terang dengan satu warna abu-abu gelap. Dengan demikian, tampilan eksterior rumah terlihat lebih menawan.

Baca juga: Selain Hitam, Ini 5 Warna Kamar Tidur yang Cocok dengan Tema Monokrom

Warna eksterior yang elegan

Warna yang memberikan kesan elegan cocok untuk gaya rumah klasik. Warna elegan yang biasanya digunakan yaitu hijau tua abu-abu dengan tone lebih terang.

Warna tersebut bisa dipadukan dengan cat oranye kemerahan dan aksen tembaga pada atap serta pintu depan dari kayu. Tampilan seperti ini membuat rumah terlihat mewah dan elegan.

Nah, itulah beberapa skema warna eksterior rumah yang bisa digunakan untuk berbagai arsitektur rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com