Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2023, 17:29 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Merah dan hijau menjadi dua warna yang sering digunakan untuk mendekorasi rumah saat Natal.

Tak hanya merah dan hijau, para desainer interior juga mengatakan ada beberapa warna Natal lain yang menjadi tren di tahun ini.

Warna tersebut biasanya dihadirkan pada pohon natal, hiasan pintu, atau hiasan dinding. Selain membuat rumah lebih cantik, warna yang cerah juga membuat suasana Natal terasa lebih ceria.

Baca juga: Catat, Ini 5 Waktu Terbaik Memasang Dekorasi Natal di Rumah

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Senin (4/12/2023), berikut ini skema warna natal yang populer di tahun 2023.

Warna permata

Ilustrasi dekorasi natalSHUTTERSTOCK/FUSIONSTUDIO Ilustrasi dekorasi natal

Warna permata menjadi salah satu warna yang populer di Natal tahun ini. Maggie Griffin, desainer interior dan pemilik Maggie Griffin Design mengatakan bahwa warna permata bisa menonjolkan kepribadian dan melengkapi dekorasi.

Kamu bisa memilih warna yang dalam seperti merah delima, hijau zamrud, ungu terong, dan biru safir. Semua warna tersebut berasal dari batu permata.

Warna tersebut bisa dihadirkan pada bantal, selimut, dan aksesori Natal untuk membuat rumah terlihat mempesona.

Warna netral yang berkilau

Warna Natal lainnya yaitu warna-warna netral yang berkilau seperti emas, perak, dan tembaga untuk menciptakan efek mempesona yang nyaman dan galmor.

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Rumah untuk Menyambut Natal

Griffin merekomendasikan untuk menggabungkan warna netral perak dan emas dengan banyak kilauan untuk melengkapi dekorasi Natal. Warna tersebut bisa dihadirkan pada berbagai gaya interior yang bisa disesuaikan dengan kesukaan.

Hijau pucat

Nampaknya, warna hijau masih menjadi warna Natal favorit banyak orang. Namun, di tahun ini warna hijau yang banyak disukai yaitu warna hijau pucat.

Nuansa hijau akan menghadirkan kehangatan dan palet Natal yang klasik, modern, dan segar. Sementara itu, Williams mengatakan bahwa warna biru pucat dan biru kehijauan akan menambah daya tarik dan membuat rumah terasa lebih segar.

Merah dan hijau

Selain hijau pucat, warna merah dan hijau juga masih disukai. Kombinasi dua warna ini akan memberikan kesan tradisional, namun tetap cantik.

Griffin menyarankan untuk menambahkan elemen bertekstur dengan warna netral. Perpaduan tersebut akan membuat tampilan rumah terasa menyenangkan.

Baca juga: Sambut Natal, Ini Cara Mendekorasi Ruangan agar Tampak Lebih Besar

Ilustrasi dekorasi natal bernuansa biru dan putihPEXELS/LINA KIVAKA Ilustrasi dekorasi natal bernuansa biru dan putih

Biru dan putih

Tak hanya merah dan hijau, kombinasi biru dan putih juga cocok digunakan sebagai warna Natal. Perpaduan dua warna ini akan menciptakan suasana Natal yang meriah.

Kamu bisa menghiasi pohon Natal dengan elemen biru, manik-manik, dan pita biru tua. Selain itu, kamu juga dapat melengkapi ruangan dengan kain beludru biru dan aksen emas.

Warna cokelat

Untuk menghadirkan suasana yang gelap dan bernuansa hutan, kamu bisa menggunakan warna cokelat. Williams menyebutkan bahwa perpaduan dua warna cokelat akan menambah kekayaan skema warna.

Kamu bisa menghadirkan warna ini pada pohon Natal dan keranjang khas pedesaan. Penggunaan warna ini membuat rumah terasa nyaman dan cantik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com