Kompas.com - 30/12/2020, 07:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Blender menjadi peralatan dapur yang membuat pekerjaan rumah tangga semakin mudah, karena dapat menghaluskan berbagai bahan makanan, mulai dari buah-buahan dan bumbu masakan.

Namun, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dimasukkan ke dalam blender.

Dilansir dari Reader's Digest, Rabu (30/12/2020), beberapa jenis makanannya sebagai berikut. 

Baca juga: Perbedaan Blender dan Chopper, Mana yang Bisa Jadi Pilihan?

1. Sayuran hijau

Membuat jus menggunakan blender memang tak salah, namun jika salah akan membuat bahan makanan menjadi berkurang kualitasnya.

Seperti memblender sayuran hijau kaya serat akan menyebabkan hasil akhir yang tidak baik yakni lebih berwarna cokelat.

Untuk mencegahnya, sebelum dimasukkan ke dalam blender, rendam sayuran tersebut di dalam es selama 5 menit.

2. Buah beku

Salah satu yang disukai banyak orang adalah smoothie buah yang mudah dibuat dan lezat, dan terkadang ada beberapa orang yang memasukkan buah-buahan beku ke dalam blender.

 

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Blender

Padahal hal ini dapat menyebabkan bilah pisau blender retak bahkan patah. Untuk mencegahnya, cairkan terlebih dahulu buah-buahan tersebut sebelum dimasukkan ke dalam blender.

3. Kacang

Apapun yang berbahan keras seperti kacang, biji kopi, dapat merusak bilah dan motor blender karena akan membuatnya bekerja lebih keras. Bahkan akan menghasilkan hasil akhir yang lengket dan akan merusak blender.

4. Terlalu sedikit atau terlalu banyak cairan

Saat mesin sedang bekerja dan Anda harus menambahkan cairan, lakukan perlahan untuk menghindari motor bergelombang atau terjadi percikan.

Rasio zat cair terhadap zat padat harus tepat. Cairan yang sedikit akan akan membuat beberapa benda menggumpal, sedangkan terlalu banyak cairan akan menyebabkan bilah tidak akan bersentuhan dengan padatan. Sehingga tidak bisa menghaluskan secara sempurna.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.