Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini Tips Memilih Warna Sofa yang Tepat untuk Ruangan

Kompas.com - 29/10/2021, 17:43 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa merupakan salah satu elemen penting dalam dekorasi. Sofa tidak hanya berfungsi melengkapi ruangan, tapi juga dapat mempercantik serta membuat ruangan tampak mewah. 

Namun, untuk memasukkan sofa ke dekorasi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya warna sofa. Ada banyak pilih warna sofa, dari warna netral, warna cerah, warna gelap, hingga warna kombinasi. 

Baca juga: 7 Pengganti Sofa di Ruang Tamu

Ada beberapa desainer interior yang menyukai warna sofa yang senada dengan warna dinding untuk menyatukan ruangan dan membuat ruangan terlihat lebih besar. Ini adalah ide kreatif untuk skema warna yang harmonis.

Namun, hal ini bisa menemukan kendala karena bisa membuat rumit mengubah warna dinding pada kemudian hari.  

Untuk menghindari kesalahan, berikut tips memilih warna sofa yang tepat untuk ruangan dilansir dari The Spruce, Jumat (29/10/2021).  

Baca juga: 5 Tips Memadukan Bantal Sofa agar Ruang Tamu Lebih Hidup 

Sofa berwarna terang atau gelap

Ilustrasi sofaUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi sofa
Setelah memutuskan apakah sofa sebagai pelengkap atau salah satu elemen dekorasi utama, Anda harus memilih warna sofa. Apakah berwarna terang atau gelap.

Warna lantai dapat berpengaruh besar dalam memilih warna sofa yang tepat. Jika mempertimbangkan sofa potensial yang diletakkan di lantai, apakah sofa akan mengapung pada lantai kayu, karpet gelap, atau akan menyatu dengannya?

Karena sofa biasanya berukuran besar, berlapis kain, dan sebagian besar kain menyerap cahaya, sofa dapat sangat menggelapkan ruangan. 

Baca juga: Tak Nyaman dengan Bau Sofa Baru? Begini Cara Menghilangkannya

Jika meletakkan sofa berwarna gelap di lantai gelap, sofa akan tampak menghilang di ruangan. Untuk itu, Anda harus mencoba membuat sofa lebih terlihat.

Misalnya, sofa memiliki kaki logam atau kayu ringan untuk menciptakan ruang visual antara sofa dan lantai. Bisa pula menggunakan karpet yang lebih terang di bawah bagian depan sofa untuk membuat warna sofa menonjol. 

Sofa berwarna terang juga memiliki tantangan berbeda. Tantangan terbesar  adalah pewarnaan dan keausan. Sebelum memilih sofa putih atau terang, pertimbangkan bagaimana ruangan digunakan, bukan bagaimana Anda berharap akan digunakan.

Jika anjing peliharaan suka berbaring di sofa, Anda mungkin tidak ingin meletakkan sofa putih di ruang tamu

Baca juga: 5 Cara Terbaik Menata Sofa Abu-abu agar Lebih Hidup 

Pilihan warna yang sesuai kebutuhan

Seiring waktu, remah-remah, kotoran, dan bau tidak sedap akan menumpuk di sofa sehingga perlu dilakukan pembersihan secara rutin.UNSPLASH/SIDEKIX MEDIA Seiring waktu, remah-remah, kotoran, dan bau tidak sedap akan menumpuk di sofa sehingga perlu dilakukan pembersihan secara rutin.
Setelah mempertimbangkan warna sofa yang terang dan gelap, saatnya memikirkan warna. Jika Anda tidak bekerja dengan sofa pajangan, maka sofa dengan warna netral adalah pilihan yang populer.

Sofa netral mudah didekorasi dan dapat mengikuti gaya dekorasi yang terus berubah-ubah. Warna sofa netral meliputi krem, abu-abu, dan kelabu tua. 

Kain sofa krem matte dapat tampak kusam di sekitar warna lain, tetapi kain krem bertekstur dengan bintik-bintik warna monokromatik dapat menciptakan minat tanpa menambahkan warna baru.

Sofa abu-abu dapat berkisar dari warna pucat hingga arang. Sofa abu-abu tampak elegan, nyaman, dan segar. Selain itu, sofa berwarna netral dapat dengan mudah melengkapi dekorasi yang lain, tetapi tetap bergaya dan menarik.  

Baca juga: Perhatikan, Ini Kesalahan Merawat Sofa Kulit sehingga Mudah Rusak

Sentuhan akhir

Saat membeli sofa baru, jangan merasa berkewajiban untuk membeli love seat yang serasi. Pilihan gaya yang lebih fleksibel adalah memilih satu set kursi berlapis kain untuk melengkapi sofa baru Anda.

Kursi tidak harus sama persis dengan sofa, tetapi dapat menggabungkan warna sofa dalam pola atau tekstur. 

Jangan lupa aksen bantal sofa sebagai sentuhan akhir saat mendekorasi ruangan Anda. Semburat warna kecil ini memberi ruang keluarga dan ruang tamu tampilan yang menyatu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com