Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2023, 18:16 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comSofa adalah salah satu furnitur yang banyak dijumpai di rumah. Sofa biasanya diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga, bahkan di kamar tidur.

Sofa berfungsi sebagai tempat duduk. Biasanya, sofa dilengkapi dengan busa tebal dan bantal yang empuk serta nyaman.

Sofa juga bisa berguna sebagai elemen dekorasi yang membuat ruangan terlihat lebih cantik. Maka dari itu, desain sofa perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan konsep interior rumah.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (5/11/2023), berikut ini beberapa desain sofa yang tak lekang oleh zaman.

Baca juga: 5 Material Sofa Terbaik yang Minim Perawatan

Sofa bergaya Rococo

Sofa gaya Rococo banyak muncul di abad ke-18. Sofa ini mirip dengan bangku, namun dilapisi dengan busa.

Ilustrasi ruang keluarga dengan dua sofa.Shutterstock/Gaurav Kumar Editor Ilustrasi ruang keluarga dengan dua sofa.

Lindsey Putzier, desainer di Lindsey Putzier Design Studio mengatakan bahwa sofa ini cocok dipadukan dengan meja makan.

Sofa ini memiliki detail desain seperti kaki terbuka, punggung melengkung, dan hiasan gulir. Sofa ini tidak terlalu tinggi, sehingga kolongnya cukup sempit.

Bentuk inilah yang membuat sofa gaya Rococo cocok untuk diletakkan di dekat pintu masuk. Desainnya sangat elegan, sehingga membuat ruangan terlihat menawan.

Sofa Chesterfield

Chesterfield adalah sofa klasik yang mudah diketahui karena pada punggungnya terdapat rumbai dan lengan digulung tebal setinggi sandarannya.

Baca juga: 3 Warna Sofa yang Dapat Membuat Ruang Keluarga Terlihat Lebih Besar

Sofa Chesterfield populer pada abad 18, namun masih cocok digunakan pada masa sekarang. Meski biasanya diletakkan di ruangan tradisional, Putzier mengatakan bahwa sofa ini bisa memberikan kontras pada ruangan kontemporer.

Untuk memberikan kesan tradisional, Anda bisa memilih sofa dari kulit atau kain dengan warna kalem. Sedang untuk memberi kesan modern, Anda bisa memilih bahan yang fungky dengan warna cerah.

Sofa Gondola

Desain sofa lainnya yang juga tak lekang oleh zaman yaitu sofa Gondola. Sofa ini cukup rendah dan memiliki sudut yang membuatnya mudah dikenali.

Sofa Gondola cocok digunakan pada rumah bergaya abad pertengahan, kontemporer, Skandinavia, dan transisi.

Sofa Florence Knoll

Sofa Florence Knoll merupakan desain sofa yang ikonik pada abad ke-20. Sofa ini memiliki garis yang sederhana dan bersih.

Baca juga: Sofa Kulit Vs Kain, Ini 3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli

Sofa ini terlihat tegak dan formal. Warna yang cerah akan membuat sofa ini terlihat menonjol. Menurut Putzier, sofa Knoll termasuk sofa klasik dan bisa digunakan pada desain transisi sampai kontemporer.

Ilustrasi sofa di ruang keluarga.Shutterstock/Artazum Ilustrasi sofa di ruang keluarga.

Camaleonda

Desain sofa lainnya yang banyak disukai yaitu camaleonda. Sofa ini memiliki banyak elemen berbeda yang bisa dipadukan dengan desain ruangan.

Sofa Camaleonda akan membuat ruangan terlihat unik dan menarik. Putzier merekomendasikan untuk menggunakan warna cerah serta menggunakannya pada ruangan berwarna putih dan rapi.

Sofa Togo

Sofa Togo dibuat oleh desainer Prancis, Michel Ducaroy. Bentuk sofa ini terinspirasi dari ujung tabung pasta gigi yang digulung.

Baca juga: Ingin Memilih Warna Sofa? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Bentuknya berkerut dan melengkung yang membuat sofa ini terlihat menarik. Menurut Putzier, sofa Togo paling cocok dipadukan dengan karya kontemporer yang ramping untuk membuatnya terlihat semakin menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com