Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Sulit, Begini Cara Membersihkan Tangki Kloset

Kompas.com - 28/04/2023, 13:53 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset merupakan bagian kamar mandi yang perlu dibersihkan secara rutin. Hal ini untuk menjaganya tetap bersih, nyaman dan higienis. Namun, terkadang tangki toilet terlupakan saat pembersihan rutin.

Membersihkan tangki kloset akan mencegah penumpukan karat dan jamur yang dapat menyebabkan bau tidak sedap. Hal ini juga akan membantu memperpanjang usia pakainya.

Baca juga: 5 Masalah Kloset yang Tidak Boleh Diabaikan, Apa Saja?

Anda dapat membersihkannya dengan pembersih yang Anda gunakan sehari-hari. Dilansir This Old House, Jumat (28/4/2023), berikut ini cara membersihkan tangki kloset.

Ilustrasi kloset.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kloset.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Anda dapat menggunakan cuka untuk membersihkan tangki kloset. Pembersih alami ini dapat melarutkan berbagai jenis kotoran di kamar mandi, termasuk karat pada toilet tangki kloset.

Selain cuka, siapkan sarung tangan karet, pembersih serbaguna, spons dan sikat gosok.

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Putih di Kloset, Pakai Soda Kue dan Batu Apung

Cara membersihkan tangki kloset

1. Sebelum mulai membersihkan, kenakan sarung tangan karet. Langkah pertama, lepaskan penutup tangki dan letakkan dengan hati-hati di lantai.

2. Tanpa menguras airnya, tuangkan cuka putih ke dalam tangki, setidaknya 2,5 cm di bawah pinggiran bagian atas. Diamkan larutan air cuka selama 12 jam untuk melarutkan mineral, karat, dan lumut.

3. Kemudian, siram kloset beberapa kali untuk menghilangkan cuka dari tangki. Matikan katup air kloset, siram sekali lagi untuk menguras air dari tangki.

4. Bersihkan bagian dalam dinding tangki dengan menggunakan sikat gosok untuk menghilangkan kotoran. Seka bagian logam dengan spons untuk menghilangkan karat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com