Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Masalah Kloset yang Tidak Boleh Diabaikan, Apa Saja?

Kompas.com - 03/03/2023, 18:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset adalah benda penting di kamar mandi. Kloset berfungsi sebagai tempat pembuangan air, baik air kecil maupun besar.

Nantinya, urine dan feses ini akan terbuang atau ditampung di septic tank atau tangki septik untuk nantinya terurai. 

Baca juga: Hati-hati, Kloset Bisa Meledak, Ini Penyebabnya

Seiring berjalannya waktu, kloset mengalami sejumlah masalah, di antaranya mampet, kotor, berbau, bocor, hingga kloset meledak. Tentu saja, hal ini menyusahkan kegiatan buang air besar dan kecil.

Karena itu, masalah-masalah kloset ini tentu tak boleh disepelekan dan harus segera menanganinya untuk mencegah masalah yang besar atau lebih parah.  

Nah, dilansir dari Family Handyman, Jumat (3/3/2023), berikut lima masalah kloset yang tidak boleh diabaikan

Air kloset terus mengalir 

Ilustrasi kloset, kloset duduk. UNSPLASH/GIORGIO TROVATO Ilustrasi kloset, kloset duduk.
Air di dalam kloset yang mengalir terus-menerus atau berputar-putar merupakah salah satu masalah kloset yang sering terjadi. Misteri air kloset yang mengalir dapat membuat stres.

Salah satu penyebab kloset terus mengalir adalah penutup yang tidak tertutup rapat. Jika air dari tangki merembes di sekitar flapper dan masuk ke dalam mangkuk, kemungkinan flapper-nya rusak.

Siram kloset an cari kebocoran katup pengisian. Angkat lengan pelampung kloset ketika tangki sedang diisi untuk melihat apakah air berhenti.

Tekuk atau sesuaikan lengan pelampung kloset sehingga tangki berhenti mengisi ketika ketinggian air berada 2,5 sentimeter di bawah bagian atas pipa pelimpah. Jika katup pengisian masih bocor, segera menggantinya. 

Baca juga: Waspada, Ini 4 Hewan yang Dapat Muncul di Kloset

Kloset bergetar 

Kloset yang tidak terpasang dengan kuat ke lantai bisa menyebabkan masalah pada masa depan, yakni bergetar. Ini adalah masalah kloset yang tidak boleh diabaikan. 

Setiap gerakan kloset akan merusak segel lilin. Hal ini akan menyebabkan kebocoran dan pada akhirnya membutuhkan perbaikan besar.

Untuk menstabilkan kloset yang goyang harus menghilangkan dempul sebelum menambahkan ganjal, kemudian dempul sekeliling kloset dan kencangkan mur pada bautnya.

Namun, jangan mengencangkannya terlalu kencang karena bisa membuat kloset retak. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Putih di Kloset, Pakai Soda Kue dan Batu Apung

Dudukan kloset retak 

Memasang dudukan toilet baru dapat dilakukan dalam waktu dua menit: Pasang dudukan kloset pada tempatnya dan kencangkan murnya.

Sebaliknya, melepas dudukan kloset yang lama dapat menjadi cobaan yang membuat frustasi. Sering kali, baut yang mengencangkan dudukan kloset sudah sangat berkarat sehingga Anda tidak bisa membuka murnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com