Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/04/2023, 13:42 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur merupakan tempat beristirahat dan bersantai setelah menjalani aktivitas harian. Maka itu, penting menjaga kamar tidur tetap bersih serta nyaman.

Chris Wootton dari Poppies mengatakan kamar tidur yang tidak rapi dapat menambah stres, menyebabkan kecemasan, bahkan mengganggu kualitas tidur. 

Baca juga: 4 Ide Penyimpanan Barang di Kamar Tidur Kecil agar Tidak Berantakan

"Dengan memiliki kamar tidur yang bersih dan bebas kekacauan, Anda akan merasa lebih segar dan bugar sehingga dapat tidur nyenyak," kata dilansir dari Homes & Garden, Sabtu (22/4/2023). 

Untuk mendapat ruangan yang bersih dan rapi, berikut cara membersihkan kamar tidur

Rapikan kamar

Ilustrasi kamar tidur.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi kamar tidur.
Langkah pertama adalah merapikan kamar tidur terlebih dahulu. Mulailah dengan mengumpulkan barang-barang, seperti gelas, koran, majalah, lalu mengembalikannya pada tempatnya.

Selanjutnya, bereskan pakaian dan letakkan pakaian kotor di keranjang cucian.

Baca juga: 4 Ide Penyimpanan Barang di Kamar Tidur Kecil agar Tidak Berantakan

Bersihkan debu

Setelah itu, bersihkan debu. Mulailah membersihkan debu dari atas ke bawah. Gunakan nozel vacuum cleaner atau kemoceng dengan gagang pajang untuk menjangkau area yang sulit dijangkau. 

Anda juga bisa menggunakan penyedot debu dengan kepala sikat untuk membersihkan tirai dan gorden.

Sarah Dempsey dari MyJobQuote menyarankan menggunakan kain mikrofiber lembap untuk permukaan yang keras, seperti tirai logam, tirai venesia, bingkai foto, dan baseboard.

Kemudian, seka dan gosok cermin serta jendela menggunakan mikrofiber dan pembersih berbahan dasar cuka. Bersihkan pula area yang sering disentuh banyak orang karena bisa menjadi sarang kuman dan bakteri, seperti sakelar lampu dan stopkontak. 

Baca juga: 10 Hal yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner, Kenapa?

Bersihkan tempat tidur

Ilustrasi kamar tidur warna hijau, dekorasi kamar tidur warna hijau. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur warna hijau, dekorasi kamar tidur warna hijau.
Selanjutnya, membersihkan tempat tidur setelah selesai membersihkan debu agar debu tidak mengendap di kasur.

Bersihkan kasur dengan vacuum cleaner, gunakan pengaturan paling rendah. Seperti halnya membersihkan kasur, cuci kain seprai dan selimut secara berkala. Pertimbangkan pula apakah sudah waktunya mencuci bantal.

Kate Henderson dari Daffodil Hotel mengatakan membersihkan tempat tidur juga menjadi kesempatan bagus untuk membalik atau memutar kasur jika diperlukan.

Jangan lupa membersihkan bagian headbord dan celah antara headbord dan kasur.

Gunakan vacuum cleaner

Setelah itu, nyalakan vacuum cleaner dengan daya penuh dan gunakan untuk membersihkan lantai hingga ke kolong tempat tidur dan perabot yang bisa dijangkau.

Baca juga: 5 Kesalahan Menggunakan Vacuum Cleaner yang Harus Dihindari

Rapikan tempat tidur

Setelah selesai membersihkan kamar tidur, siapkan seprai yang bersih dan rapikan tempat tidur. Sebaiknya, memiliki satu set cadangan untuk digunakan saat membersihkan kamar tidur secara menyeluruh.

"Sering kali seprai belum keluar dari pengering saat Anda siap merapikan kamar tidur, jadi satu set cadangan akan membuat pekerjaan lebih cepat selesai," kata Chris Wootton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com