Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menciptakan Ruang Keluarga yang Santai dan Nyaman

Kompas.com - 22/04/2023, 08:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, memiliki ruang santai di rumah adalah sebuah keharusan untuk Anda bersantai dari tekanan hari setelah bekerja.

Bahkan menciptakan ruang keluarga yang santai dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional. 

Baca juga: 6 Jenis Meja Kopi yang Dapat Mempercantik Ruang Keluarga

Terlepas dari apakah penelitian mendukung hal ini atau tidak, Anda akan menyadari bahwa ruang keluarga membuat Anda merasa sangat berbeda ketika telah direnovasi.

Karena itu, penting menciptakan ruang keluarga yang santai tanpa mengabaikan sentuhan pribadi. Ingat, hanya Anda yang tahu apa yang akan membuat merasa rileks dan meningkatkan kesehatan. 

Dikutip dari Decor Tips, Sabtu (22/4/2023), berikut sejumlah cara menciptakan ruang keluarga yang santai dan nyaman. 

Baca juga: 9 Tata Letak Ruang Keluarga yang Harus Dihindari, Bikin Tak Menarik

Gunakan bunga dan tanaman

Ilustrasi ruang keluarga.Unsplash/spacejoy Ilustrasi ruang keluarga.
Ketika menghadirkan tanaman dalam ruangan, Anda menyerap vitalitas dan kesegarannya. Anda bisa memilih tanaman daun dan bunga, bahkan menggabungkan beberapa jenis tanaman di ruang keluarga.

Selain sensasi menyenangkan yang diberikan, merawat tanaman dapat mempercantik ruang keluarga, memberi kesegaran, dan bermanfaat untu terapi.

Faktanya, terapi hortikultura, yang berkaitan dengan perawatan tanaman, memiliki manfaat kesehatan yang luas, seperti kesejahteraan psikologis dan fisik. Beberapa tanaman hias juga membuat ruang keluarga menjadi lebih santai. 

Baca juga: 7 Cara Meletakkan Meja Kerja di Ruang Keluarga Tanpa Ganggu Pekerjaan

Hiasi dengan lilin

Lilin adalah elemen dekoratif yang dapat membuat ruang keluarga terlihat hangat dan santai. Manfaatkan kesempatan ini untuk meletakkan beberapa lilin di atas meja kopi, meja samping, atau lemari tempat Anda meletakkan tanaman.

Lilin tidak mahal dan Anda dapat memvariasikan gaya, bahkan memilih lilin beraroma dengan esensi yang paling disukai dan membuat Anda rileks. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Memilih Sofa untuk Ruang Keluarga Kecil

Nikmati cahaya alami

Ilustrasi ruang keluarga.Shutterstock/sidekix Ilustrasi ruang keluarga.
Manfaatkan cahaya alami yang masuk ke ruang keluarga. Cahaya alami dapat menciptakan ruang keluarga yang santai dan nyaman. Anda bisa membuka gorden dan jendela untuk membiarkan cahaya alami masuk ke rumah dan ruang keluarga. 

Seperti ditunjukkan penelitian, cahaya alami mengatur fungsi biologis, membantu berbagai proses tubuh untuk berjalan dengan cara terbaik, dan mempengaruhi suasana hati dengan merangsang produksi serotonin.

Terlebih lagi, penelitian telah mengidentifikasi bahwa cahaya alami dapat membantu mencegah penyakit neurodegeneratif. Jadi, lebih dari sekadar rekomendasi dekoratif, kami mengajak Anda menjaga kesehatan dari berbagai aspek. 

Baca juga: 7 Kesalahan Dekorasi yang Membuat Ruang Keluarga Terlihat Murahan

Cat dengan warna-warna yang menenangkan

Selanjutnya, cara menciptakan ruang keluarga yang santai dan nyaman adalah menggunakan warna cat. Seperti dijelaskan berbagai pendekatan yang berkaitan dengan psikologi warna, hal ini mempengaruhi aspek emosional.

Sebagai contoh, putih sangat erat kaitannya dengan kepositifan, kemurnian, kebersihan, dan kedamaian. Karena itu, warna ini dapat dianggap sebagai warna yang mendominasi di ruang santai serta terkait dengan pemurnian pikiran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com