Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Ruang Keluarga Berdasarkan Bahasa Cinta Anda

Kompas.com - 18/02/2023, 11:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahasa cinta atau love language Anda memainkan peran besar dalam cara Anda berinteraksi dengan dunia.

Mulai dari, preferensi yang Anda miliki dan sukai, cara terhubung dengan orang lain, hingga cara menata ruang fisik. Semua hal ini sesuai dengan kepribadian, hati, dan cara cinta Anda.  

Baca juga: 3 Cara Meletakkan Sofa di Ruang Keluarga Kecil

Ketika berbicara tentang desain rumah, ruang keluarga adalah salah satu ruang di rumah yang paling mengundang. Ruang keluarga menjadi tempat keintiman, kedekatan, percakapan, dan koneksi menjadi yang terdepan.

Tak heran, ruang keluarga sering kali mendapat banyak perhatian dalam hal desain maupun dekorasi. 

Berikut beberapa cara mendekorasi ruang keluarga berdasarkan bahasa cinta Anda dikutip dari The Spruce, Sabtu (18/2/2023). 

Baca juga: 5 Cara Sederhana Mendekorasi Ruang Keluarga

Atur perabotan untuk membangkitkan sosialisasi

Ilustrasi ruang keluarga dengan dinding aksen abu-abu. Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga dengan dinding aksen abu-abu.
Jika bahasa cinta Anda adalah quality time, tentu saja senang menghabiskan waktu bersama orang-orang dan keluarga.

Bagi Anda, makan siang atau minum kopi bukan sebuah transaksi singkat, tapi lebih dari itu, terutama jika terjadi di rumah. 

Apabila ada tamu yang datang ke rumah, Anda sudah siap dengan makanan pembuka dan minuman yang tak ada habisnya. 

Sebagai tipe orang yang menyukai waktu berkualitas, Anda senang menciptakan ruang yang sengaja dirancang dengan mempertimbangkan koneksi.

Sosialisasi adalah hal penting bagi Anda. Itu berarti mendekorasi ruang keluarga harus mengundang, cukup terbuka untuk menampung lebih dari beberapa tamu, serta perabotan harus diatur menghadap ke dalam dan menciptakan kesan "melingkar" pada ruangan.

Hal ini membantu mengundang percakapan, membuat semua orang merasa diikutsertakan, dan secara alami memberikan lebih banyak keterbukaan serta kenyamanan. 

Baca juga: 7 Cara Menata Furnitur di Ruang Keluarga agar Tampak Bergaya

Ciptakan kesempatan keramahtamahan 

Selanjutnya, cara mendekorasi ruang keluarga berdasarkan bahasa cinta adalah menciptkan kesempatan ramah tamah. 

Jika bahasa cinta Anda adalah tindakan pelayanan, Anda adalah tipe orang yang suka memberi dan melakukan sesuatu untuk orang lain.

Hal ini akan terlihat jelas sejak seseorang masuk ke rumah Anda dengan menyediakan rak sepatu, rak mantel, bahkan gerakan untuk mengambil mantel mereka untuk ditukar dengan segelas air. 

Sebagai orang yang suka memberi, Anda harus membuat ruang keluarga dan seluruh rumah terasa ramah serta mengundang sejak seseorang masuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com