Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Termos

Kompas.com - 18/02/2023, 10:31 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Termos merupakan botol tempat menyimpan air minum sekaligus menjaga suhu minuman tetap hangat atau dingin lebih lama.

Termos air minum umumnya berukuran kecil atau ringkas sehingga mudah dibawa bepergian ke mana pun atau dimasukkan ke tas. 

Baca juga: Bingung Membersihkan Botol Termos Stainless Steel? Ikuti 3 Metode Ini 

Membawa termos saat bepergian tak hanya menghemat pengeluaran, tapi juga bisa menjadi langkah menjaga lingkungan karena tidak membeli air minum kemasan sekali pakai.

Namun, termos ari minum dapat menjadi kotor, sarang bakteri, serta berbau tak sedap jika jarang dibersihkan. Karena itu, membersihkan termos perlu dilakukan secara rutin.

Untungnya, membersihkan termos ini mudah dilakukan. Dilansir dari Eating Well, Sabtu (18/2/2023), berikut tiga cara membersihkan termos. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Botol Termos yang Kotor dan Bau

Cuka dan baking soda

Ilustrasi cuka putih.SHUTTERSTOCK/KAI KEISUKE Ilustrasi cuka putih.
Kombinasi cuka dan baking soda merupakan bahan pembersih yang sudah teruji dan banyak digunakan untuk membersihkan sejumlah benda.

Untuk membersihkan termos, tuang sekitar 118 mililiter cuka putih sulingan ke dalam termos, kemudian taburkan satu sendok makan baking soda. Kombinasi cuka dan baking soda ini akan mengalami reaksi kimia sehingga menimbulkan buih.

Kemudian, tambahkan sedikit air hangat dan biarkan campuran tersebut selama 10 menit. Gunakan sikat botol atau kain pembersih dengan air panas untuk membersihkan bagian dalam termos. Jika termos masih kotor dan berbau, ulangi langkah dari awal.

Baca juga: 9 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Soda Kue

Denture-cleaning tablet

Tablet ini merupakan pembersih gigi tiruan. Untuk memanfaatkannya guna membersihkan termos, isi 1/2 hingga 3/4 termos dengan air hangat, lalu masukkan denture-cleaning tablet ke termos, dan diamkan hingga berhenti mendesis sekitar lima hingga 10 menit.

Gunakan sikat botol atau kain pembersih dengan air panas untuk membersihkan bagian dalam termos secara menyeluruh. Anda bisa mengulangi cara ini jika diperlukan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Besi pada Termos Air Minum

Es dan garam

Ilustrasi garam epsom.SHUTTERSTOCK/INEWSFOTO Ilustrasi garam epsom.
Es dan garam juga bisa digunakan untuk membersihkan termos. Untuk memanfaatkannya ini, tambahkan es serut dan sekitar dua sendok makan garam, tutup termos, lalu kocok dengan kencang.

Gunakan sikat botol atau kain pembersih dengan air panas untuk membersihkan bagian dalam termos dengan baik. 

Baca juga: 3 Cara Ampuh Menghilangkan Bau dan Bekas Kopi pada Termos

Kapan harus mengganti termos?

Sama dengan benda rumah tangga lainnya, termos tidak akan bertahan selamanya meski telah merawat dan membersihkannya secara tepat serta rutin.  

Jika termos tidak lagi menjaga suhu air di dalamnya, baik panas maupun dingin, sudah waktunya mempertimbangkan membeli termos baru.

Selain itu, apabila bagian dalam termos terdapat retakan, sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com