Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2022, 08:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Alkohol bisa menjadi insektisida dan herbisida yang efektif bagi tanaman. Akan tetapi, alkohol pun dapat berbahaya bagi tanaman jika diaplikasikan secara sembarangan.

Dilansir Treehugger, Sabtu (4/6/2022), jika Anda akan menggunakan alkohol, penting untuk mengetahui cara mengaplikasikannya pada tanaman, antara lain jenis, jumlah, dan metode. Adapun yang lebih penting adalah apa yang tidak boleh dilakukan.

Jenis alkohol yang paling umum adalah etanol, metanol, dan isopropil alkohol atau alkohol gosok. Masing-masing jenis alkohol dilengkapi dengan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan.

Baca juga: 5 Tanaman Sayuran Hijau Ini Mudah Tumbuh, Bisa Panen dalam 15 Hari

Ilustrasi alkohol gosok.SHUTTERSTOCK / rachanee angsupasirikul Ilustrasi alkohol gosok.

1. Metanol

Metanol adalah bentuk alkohol yang paling sederhana. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa metanol merangsang pertumbuhan tanaman, terutama rumput C3 seperti gandum, fescue, rye, bluegrass, dan banyak lainnya.

Akan tetapi, tinjauan umum literatur menemukan bahwa itu tidak efektif atau justru menghambat pertumbuhan tanaman.

Pada konsentrasi tinggi, metanol bisa menjadi herbisida yang efektif, tetapi itu adalah barang yang mahal untuk digunakan hanya untuk membunuh tanaman. Ini juga merupakan pembunuh yang membabi buta.

Dengan demikian, jika Anda ingin membunuh semua tanaman di satu area, solarisasi tanah adalah metode yang jauh lebih murah dan jauh lebih mudah terbakar.

Baca juga: Ternyata, Ini 8 Manfaat Cola untuk Tanaman

2. Etanol

Etanol telah ditemukan untuk menghambat pertumbuhan tanaman. Salah satu kegunaan praktisnya adalah dengan menambahkan larutan etanol encer ke dalam bunga paperwhite atau bunga bakung lainnya untuk memperlambat pertumbuhannya sehingga bertahan lebih lama sebagai umbi.

Penelitian yang dilakukan oleh Cornell University menemukan bahwa larutan antara 4 dan 6 persen etanol mencegah bunga paperwhite tumbuh terlalu tinggi. Akan tetapi, studi yang sama menemukan larutan dengan kandungan etanol lebih dari 10 persen membunuh tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com