Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Sayuran Hijau Ini Mudah Tumbuh, Bisa Panen dalam 15 Hari

Kompas.com - 04/06/2022, 07:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda gemar mengonsumsi sayuran segar? Jika ya, Anda bisa menanam berbagai jenis tanaman sayuran, termasuk sayuran hijau di pekarangan rumah agar dapat langsung menikmati hasilnya.

Dilansir Balcony Garden Web, Sabtu (4/6/2022), ada sejumlah tanaman sayuran hijau yang sangat mudah ditanam dan cepat dipanen. Bahkan, Anda dapat memanen sayuran ini hanya dalam waktu 15 hari.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa waktu 15 hari tersebut akan dihitung setelah perkecambahan dan tidak tepat setelah menanam benih. Beberapa di antaranya mungkin membutuhkan waktu 5-6 hari lebih lama, tergantung pada cuaca dan kondisi pertumbuhan.

Baca juga: Bahaya Menyimpan Buah dan Sayuran ke Kulkas Memakai Kantong Plastik

Berikut beberapa tanaman sayuran hijau yang mudah tumbuh dan cepat dipanen.

Ilustrasi tanaman sayuran Arugula.SHUTTERSTOCK/CO VV Ilustrasi tanaman sayuran Arugula.

1. Arugula (Eruca vesicaria ssp. sativa)

Arugula merupakan salah satu tanaman yang pertumbuhannya cepat. Bibit akan berkembang dalam 7 sampai 14 hari setelah tanam.

Semakin awal Anda panen, semakin manis dan lembut daunnya. Daun arugula segar memiliki rasa pedas dan sangat cocok dengan selada dan bayam.

2. Daun bawang (Allium fistulosum)

Tanaman sayuran hijau serbaguna ini memiliki kegunaan yang tak terhitung jumlahnya dalam masakan. Anda dapat memanen pucuk segar yang menyisakan setidaknya satu inci pucuk kembali dan tanaman akan tumbuh lagi.

Baca juga: 9 Tanaman Sayuran yang Bisa Ditanam di Air

3. Bayam (Spinacia oleracea)

Tergantung pada varietas dan kondisi tumbuh, tanaman bayam siap panen dalam 15 hingga 16 hari setelah perkecambahan biji. Panen setelah tanaman tumbuh setidaknya 5 sampai 6 daun sehat yang panjangnya sekitar 3-4 inci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com