Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Benda yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Dapur

Kompas.com - 14/04/2023, 17:56 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu area rumah yang rentan berantakan, ruangan paling sibuk, dan menjadi tempat menyimpan berbagai peralatan memasak, tepatnya di lemari dapur.

Lemari dapur yang tidak terorganisir dapat menghambat kegiatan memasak. Karena itu, untuk dapur yang fungsional dan bebas stres, sebaiknya barang-barang diletakkan di tempat tepat. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (14/4/2023), berikuta beberapa barang yang sebaiknya tidak disimpan di lemari dapur.

Baca juga: 7 Ide Desain Dapur Kecil agar Tampak Lebih Luas dan Indah

Barang non-dapur

Ilustrasi lemari dapur.Shutterstock/serdar_basak Ilustrasi lemari dapur.
Lemari dapur bisa berisi barang-barang yang tidak seharusnya berada di tempat tersebut. Amelie Saint Jacques, professional organizer, mengatakan banyak orang menggunakan dapur untuk menyimpan barang-barang yang bukan seharusnya, seperti peralatan kantor atau kertas-kertas.

Ia menambahkan, hal ini dapat dimengerti jika Anda tidak memiliki ruang kerja khusus di rumah, tetapi masalahnya adalah ketika barang-barang tersebut menghalangi Anda ketika menggunakan dapur tersebut untuk tujuan utamanya. 

Tumpukan kertas di atas meja hanya akan menambah kekacauan dan ini bukanlah sistem pengorganisasian rumah yang baik untuk menangani kertas-kertas tersebut," katanya.

Ia melanjutkan, hal ini bisa berjalan qbaik jika ada area khusus untuk menyimpan barang-barang dan jika kertas-kertas tetap terorganisir.

"Jika tidak, dapur harus berfungsi sebagai tempat yang fungsional untuk menyiapkan makanan," katanya.

Baca juga: 5 Benda yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Rak Dapur Terbuka

Pembasmi serangga

Kim Jones, home organizer dari Lock & Key Home mengatakan, meski lemari dapur terlihat sebagai tempat yang cocok untuk pembasmi serangga, tetapi lebih baik benda tersebut disimpan di tempat lain.

Menurutnya, produk ini sebaiknya tidak disimpan di bawah wastafel dapur karena mudah diakses oleh anak-anak dan hewan peliharaan. 

Pihaknya merekomendasikan menyimpan produk-produk ini di tempat yang lebih tinggi di area yang tidak terlalu ramai, seperti garasi atau ruang bawah tanah.

Tentu saja, Anda tidak menginginkan bahan kimia pembunuh serangga ini berada di area menyiapkan dan memasak makanan.

Baca juga: 5 Cara Membuat Semprotan Pembasmi Serangga dari Bahan Alami

Produk pembersih

Ilustrasi produk pembersih rumah. SHUTTERSTOCK/WHITE BEAR STUDIO Ilustrasi produk pembersih rumah.
Jennifer Smith, home organizer di Urban Home Corner mengatakan, lemari dapur bukan tempat paling aman untuk menyimpan produk pembersih karena bisa berbahaya jika sampai tertelan atau tumpah. Ia menyarankan meletakannya di dalam lemari lain yang terkunci.

Kantong plastik atau kertas

Baik itu kertas maupun plastik, tas belanja mengacaukan lemari dapur. Denise, decluttering expert dari Deecluttered menyarankaan menyimpan barang-barang ini di tempat lain seperti ruang cuci.

Baca juga: 5 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Lemari Dapur, Kenapa?

Barang-barang yang tidak diperlukan

Barang-barang yang cenderung tidak digunakan sehari-hari sebaiknya dibereskan dan disimpan di tempat lain seperti cangkir dan mug. 

Gina Hardin, professional organizer dari Orgnze.com merekomendasikan merapikan lemari dapur agar tidak melupakan apa yang Anda miliki dan mencegah barang-barang rusak dan berdebu di bagian lemari yang sempit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com