Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Barang yang Harus Disingkirkan dari Lemari Dapur Segera, Apa Saja?

Kompas.com - 28/02/2023, 20:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari dapur menjadi tempat penyimpanan utama barang-barang di ruang memasak, tapi mudah mengalami kekacauan dan penuh seiring berjalannya waktu. 

Hal ini tak lain karena lemari dapur sering kali dipenuhi barang-barang yang tidak lagi digunakan dan bumbu-bumbu yang sudah kedaluwarsa yang belum sempat dipakai. 

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Tampak Baru

Beruntung, mengatasi hal ini mudah dilakukan. Dengan menyingkirkan barang apa saja yang tidak seharusnya dan produk yang telah kedaluwarsa dapat membantu mengosongkan lemari dapur dan membuat zona memasak lebih nyaman.

Namun, banyak orang yang tidak tahu harus memulai dari mana. Untuk membantu Anda, berikut sejumlah barang yang harus disingkirkan dari lemari dapur dikutip dari Homes and Gardens, Selasa (28/2/2023). 

Wadah makanan tanpa penutup 

Ilustrasi menyimpan makanan di wadah plastik.SHUTTERSTOCK/HEDGEHOG94 Ilustrasi menyimpan makanan di wadah plastik.
Mengatur wadah makanan harus menjadi prioritas utama. Menurut Pamela Meluskey, salah satu pendiri perusahaan Luxury Home Organization, Settled, Amerika Serikat, singkirkan wadah makanan yang tidak memiliki penutup dari lemari dapur. 

"Jika Anda memiliki Tupperware tanpa tutup, lepaskan saja (atau gunakan di tempat lain). Ruang yang mereka habiskan lebih berharga daripada barang itu sendiri.

Dia menambahkan, Anda dapat mempertimbangkan bermigrasi sepenuhnya ke wadah kaca yang ramah lingkungan, sebuah pilihan sangat bagus.  

Baca juga: Ingin Mengecat Lemari Dapur? Ini Jenis Cat Terbaik

Barang rusak 

Selanjutnya, barang yang harus disingkirkan dari lemari dapur adalah benda yang sudah rusak. Michelle Urban, pendiri The Organized House, mengatakan, meski serpihan atau retakan pada piring, mangkuk, peralatan roti, cangkir, atau mug terlihat sangat kecil, Anda harus membuangnya. 

"Tidak hanya ujung-ujungnya yang tajam dan berbahaya, tapi retakan pada piring bisa menjadi sarang bakteri yang tidak menyenangkan." 

Pengatur rak kabinet dapur sangat berguna untuk menjaga pirik keramik tetap rapi dan bebas dari serpihan.  

Baca juga: 4 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Lemari Dapur

Bahan makanan kedaluwarsa 

Ilustrasi stoples kaca atau wadah kaca penyimpanan bumbu dapur.Shutterstock/Foxys Forest Manufacture Ilustrasi stoples kaca atau wadah kaca penyimpanan bumbu dapur.
Bumbu yang sudah kedaluwarsa sebenarnya sudah kehilangan rasanya. Jadi, bumbu tersebut sudah tidak menambah rasa apa pun pada masakan, tetapi menghabiskan tempat yang berharga.

Michelle menjelaskan, bumbu-bumbu akan kehilangan rasa dan potensinya seiring berjalannya waktu. Jadi, jika sudah kedaluwarsa, tidak ada gunanya menyimpannya.

"Saat membersihkan, buatlah daftar bumbu yang telah Anda buang sehingga dapat mengisinya kembali saat berbelanja."  

Baca juga: Stop Menyimpan 5 Benda Ini di Lemari Dapur

Apabila menyadari bahwa Anda membuang stoples yang hampir penuh, jangan khawatir tentang penggantinya. Anda tidak cukup sering menggunakannya sehingga tidak perlu menghabiskan tempat.

Rak bumbu tarik adalah ide penyimpanan dapur kecil yang bagus, sementara rak bumbu kawat dapat dipasang di bagian dalam pintu lemari dapur merupakan trik pengorganisasian yang menghemat ruang yang brilian.

Pengatur pintu kabinet umum atau pengatur kabinet bertingkat juga merupakan investasi ideal untuk mengoptimalkan ruang serta menjaga lemari dapur tetap rapi. 

Baca juga: 6 Warna Lemari Dapur yang Bakal Populer pada 2023 Menurut Desainer 

Barang yang sama 

Peralatan yang sama menjadi salah satu barang yang harus disingkirkan dari lemari dapur. Michelle mengatakan kemungkinan besar Anda tidak membutuhkan tiga pembuka kaleng, lima sendok, dan enam pembuka botol anggur. 

"Kebanyakan dari kita berulang kali membeli sesuatu karena lupa apa yang sudah dimiliki atau tidak dapat menemukannya, bukan karena membutuhkannya secara berlebihan," imbuh Michele. 

Jadi, berikan ruang penyimpanan dapur yang lebih luas, singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan, dan simpan hanya barang-barang yang benar-benar digunakan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com