Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop, 8 Barang Ini Tidak Boleh Diletakkan di Atas Kulkas

Kompas.com - 28/02/2023, 14:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang kosong di atas kulkas tampak seperti tempat yang sangat baik untuk meletakkan atau menyimpan barang-barang. 

Hal ini lantaran tempat tersebut memiliki cukup ruang serta mudah dilihat dan diakses. Tak heran, kita sering melihat kotak, buku, wadah penyimpanan kecil, dan banyak lagi yang ditumpuk di atas kulkas. 

Baca juga: 6 Bahan Makanan yang Harus Segera Disingkirkan dari Kulkas

Padahal, menyimpan barang-barang di atas kulkas dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan dan mendatangkan beberapa risiko buruk.

Pasalnya, barang-barang yang disimpan di atas kulkas dapat menghalangi ventilasi alat yang memaksa kulkas bekerja lebih keras untuk menjaga isi kulkas tetap dingin.

Karena itu, hindari meletakkan dan menyimpan barang-barang di atas kulkas. Nah, dilansir dari Bobvila, Selasa (28/2/2023), berikut sejumlah barang yang tidak boleh diletakkan di atas kulkas.  

Baca juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Kulkas

Peralatan dapur yang lebih kecil

Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas French Door, Ilustrasi lantai kayu di dapur.SHUTTERSTOCK / PhotoMavenStock Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas French Door, Ilustrasi lantai kayu di dapur.
Kulkas standar dapat menopang lebih dari 18 kilogram beban di atasnya. Di rumah yang memiliki ruang terbatas, menyimpan peralatan dapur di atas kulkas, seperti oven pemanggang roti atau microwave, tampaknya merupakan solusi sangat bagus dan hemat ruang.

Namun, peralatan ini mudah pecah sehingga berisiko cedera dan kerusakan jika terjatuh. Menyimpan peralatan di atas kulkas juga membuatnya lebih mungkin dicolokkan ke stopkontak yang sama dengan kulkas, yang dapat membebani sirkuit. 

Obat-obatan

Obat-obatan tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk tablet, cairan, dan inhaler. Semua obat harus disimpan sesuai dengan petunjuk pada label untuk memastikannya dalam kondisi baik.

Sayangnya, obat menjadi barang yang tidak boleh diletakkan di atas kulkas karena panas yang terperangkap dapat mempengaruhi potensinya dan suhu tertentu bisa mengubah bentuk molekul bahan aktifnya atau menyebabkan penguraian obat.

Sebaiknya, simpan obat-obatan di dalam kulkas yang jauh dari sumber panas. 

Baca juga: Berapa Lama Udang Bisa Disimpan di Kulkas?

Barang-barang dapur yang mudah pecah

Meski Anda tidak sering menggunakan nampan saji keramik atau teko teh, jangan meletakkan benda-benda tersebut di atas kulkas.

Baik terbuat dari kaca, porselen, keramik, maupun bahan yang mudah pecah lainnya, menyimpan benda-benda yang jarang digunakan ini di atas kulkas adalah bahaya besar.

Setiap kali membuka dan menutup kulkas dapat menyebabkan barang-barang di atasnya bergeser. Seiring waktu, gerakan yang cukup dan bantuan gravitasi itu bisa membuat benda-benda tersebut jatuh, yangakhirnya menyebabkan kerusakan dan mengenai kaki Anda. 

Baca juga: Kulkas di Rumah Terendam Banjir, Apa yang Harus Dilakukan?

Kertas dalam berbagai bentuk

Ilustrasi buku.SHUTTERSTOCK / ShutterOK Ilustrasi buku.
Buku masak, majalah lama, tumpukan kartu resep, handuk kertas, dan jenis kertas lainnya menjadi barang yang tidak boleh diletakkan di atas kulkas.

Menyimpan banyak barang berbahan kertas, terutama yang lebih berat seperti buku, akan membatasi aliran udara yang dibutuhkan kulkas untuk bekerja secara efisien.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com