Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bahan Makanan yang Harus Segera Disingkirkan dari Kulkas

Kompas.com - 26/02/2023, 13:40 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas merupakan salah satu peralatan elektronik penting di dapur. Berbagai bahan makanan dan minuman dapat tahan lebih lama saat disimpan di dalam kulkas

Namun, kulkas memerlukan perawatan dan pembersihan rutin untuk menjaga tetap bersih serta bekerja optimal. Penting pula memeriksa tanggal kedaluwarsa bahan makanan atau minuman yang disimpan di dalam kulkas.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Kulkas

Jika Anda sudah lama tak memeriksa isi kulkas, mungkin terdapat banyak bahan-bahan makanan sudah waktunya dibuang. Dilansir dari Compact Appliance, Minggu (26/2/2023), berikut enam benda yang harus disingkirkan dari kulkas.

Bumbu kedaluwarsa

Ilustrasi kulkas.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kulkas.
Singkirkan botol bumbu yang sudah kedaluwarsa. Anda mungkin selama ini tidak terlalu memperhatikan botol-botol tersebut.

Biasakan memeriksa tanggal kedaluwarsa untuk melihat berapa lama sisa waktu pemakaian bumbu. Lakukan pemeriksaan secara cepat untuk melihat apakah ada bumbu yang perlu dibuang dan disimpan.

Baca juga: 5 Makanan Kedaluwarsa yang Dapat Dimanfaatkan Kembali di Rumah

Makanan yang telah berjamur

Periksa makanan-makanan Anda, termasuk yang terletak di bagian belakang rak. Jika melihat makanan berjamur, keluarkan dari kulkas dan segera buang.

Suhu dingin hanya menunda pertumbuhan jamur, tapi tidak akan mencegahnya sama sekali. Semakin lama bahan makanan yang telah berjamur disimpan di kulkas, semakin besar risiko jamur mengontaminasi makanan lain.

Makanan yang mulai berlendir dan layu

Sayuran dapat layu dengan cepat. Tanda-tanda sayuran menjadi busuk adalah tampak berlendir. Keluarkan bahan makanan tersebut dan segera buang. Awasi juga lemon dan jahe jika Anda menyimpannya di kulkas.

Baca juga: Cara Menyimpan Sayuran dan Buah di Freezer yang Benar

Baking soda

Baking soda telah lama dikenal dapat menyerap bau tak sedap. Kesalahan yang sering terjadi adalah kotak baking soda yang digunakan untuk menyerap bau tak sedap di kulkas dibiarkan terlalu lama.

Jika menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau dan menyegarkan kulkas, gantilah sebulan sekali.

Kotak makanan sisa

Ilustrasi kulkas, Ilustrasi cara menyimpan keju di kulkasFREEPIK Ilustrasi kulkas, Ilustrasi cara menyimpan keju di kulkas
Terkadang kita menyimpan sisa makanan untuk dihabiskan esok hari. Namun, sisa makanan tersebut harus dikonsumsi dalam beberapa hari. Setelah itu, sebaiknya makanan dibuang.

Hal yang sama berlaku untuk makanan dalam kotak yang dibeli untuk dibawa pulang dari restoran. Setelah satu atau dua hari, makanan tidak lagi bagus dan enak disantap.

Baca juga: Berapa Lama Udang Bisa Disimpan di Kulkas?

Daging yang sudah disimpan terlalu lama

Bahan makanan, seperti daging, dapat luput dari perhatian sehingga lupa sejak kapan Anda memasukkannya ke kulkas. Mengonsumsi daging yang sudah terlalu lama tentunya tidak aman untuk kesehatan.

Untuk menghindari risiko mengonsumsi daging yang sudah tidak sehat, lebih baik buang daging tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com