Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2023, 20:36 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset yang mampet menjadi masalah besar dan tentu saja tidak menyenangkan. Pasalnya, kloset juga mengeluarkan bau tak sedap yang mengganggu. 

Untungnya, ada berbagai cara mengatasi kloset mampet. Tidak semua situasi kloset mampet membutuhkan pengetahuan pipa yang canggih, tetapi ada baiknya Anda bersiap dan memahami cara menghindari hal-hal yang memperburuk keadaan.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Karat di Kloset, Bisa Pakai Bumbu Dapur

Tergantung dari tingkat kesulitan kloset tersumbat, sebagian besar masalah ini dapat diatasi dengan alat sederhana dan metode DIY.

Kloset mampet lebih dari sekadar ketidaknyamanan. Ini adalah masalah mendesak yang perlu diselesaikan dengan cepat guna menghindari bencana lebih besar, seperti membanjiri seluruh kamar mandi.

Dikutip dari Rhythm of the Home, Senin (22/5/2023), berikut cara mengatasi kloset mampet sebelum membutuhkan jasa profesional.  

Baca juga: Simak, Penyebab Kloset Meluap dan Cara Mengatasinya

Gunakan plunger

Ilustrasi plunger atau penyedot untuk mengatasi berbagai sumbatan seperti saluran pembuangan kamar mandi, kloset, dan wastafel. Shutterstock/Joe Belanger Ilustrasi plunger atau penyedot untuk mengatasi berbagai sumbatan seperti saluran pembuangan kamar mandi, kloset, dan wastafel.
Selama memiliki alat penyedot atau plunger yang tersedia, Anda dapat dengan mudah mengatasi sebagian besar masalah kloset mampet. 

Disarankan menggunakan plunger berkualitas tinggi, seperti model baja tahan karat Simplehuman. Ini adalah pilihan premium dengan desain bebas tetesan yang menjanjikan kinerja luar biasa dengan upaya minimal.

Gunakan plunger andal untuk melakukan dorongan dan tarikan kuat, yang pada akhirnya akan membuat air dari kloset mengalir keluar.

Membuka kloset mampet dengan bantuan plunger bisa menjadi berantakan. Sangat penting dilengkapi dengan sarung tangan karet.

Diperlukan sedikit kesebaran melakukan cara mengatasi kloset mampet dengan benar. Jika terlalu memaksa, akan berisiko membuat cipratan air yang besar di seluruh kamar mandi.

Disarankan bersikap ekstra lembut hingga Anda yakin salurannya sudah tertutup rapat. Bahkan sumbatan yang membandel pun pada akhirnya akan mengendur setelah berulang kali dimasukkan. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Tangki Kloset?

Cara mengatasi kloset mampet tanpa penyedot

Ilustrasi kloset, tangki kloset.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kloset, tangki kloset.
Apabila tidak memiliki alat khusus untuk menyedot kloset mampet, Anda masih bisa menggunakan beberapa metode alternatif

Tergantung pada tingkat keparahan penyumbatannya, trik-trik praktis ini dapat dicoba meski sudah memiliki alat penyedot. Berikut cara mengatasi kloset mampet tanpa penyedot.  

Baca juga: Cara Membersihkan Tangki Kloset Pakai Cuka, Mudah dan Murah

  • Air panas dan sabun cuci piring 

Kombinasi sabun cuci piring dan air panas menjadi cara mengatasi kloset mampet yang ampuh. Caranya, campur air panas dengan sabun cuci piring dalam jumlah banyak.

Hindari menambahkan air panas secara berlebihan dengan menambahkan seluruh isi botol atau mengaduk sabun. Anda juga dapat menambahkan sabun cuci piring langsung ke dalam mangkuk kloset dan menuangkan airnya secara terpisah. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com