Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Karat di Kloset, Bisa Pakai Bumbu Dapur

Kompas.com - 22/05/2023, 13:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset yang bersih dan higienis adalah komponen penting dari setiap rumah tangga yang terpelihara dengan baik. Namun, salah satu masalah paling umum dan membuat frustrasi adalah munculnya noda karat di kloset.

Noda karat di kloset bisa membandel dan sulit dibersihkan. Noda yang tidak sedap dipandang ini tidak hanya mengurangi tampilan kamar mandi secara keseluruhan, tetapi juga bisa menjadi sumber rasa malu.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan noda karat di kloset. Anda bisa menggunakan bumbu dapur seperti jeruk lemon dan cuka, hingga produk pembersih komersial.

Baca juga: Cara Membersihkan Tangki Kloset Pakai Cuka, Mudah dan Murah

Ilustrasi kloset duduk, tangki kloset. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kloset duduk, tangki kloset.

Kenapa ada noda karat di kloset?

Dikutip dari House Digest, Senin (22/5/2023), noda karat di kloset bisa terjadi karena berbagai sebab. Faktor-faktor seperti sistem perpipaan tua dan air yang kaya mineral dapat menyebabkan noda membandel ini.

Noda karat sering muncul sebagai noda coklat kemerahan yang sulit dihilangkan, bahkan dengan pemutih. Namun, dengan alat, teknik, dan larutan pembersih yang tepat, Anda dapat mengatasi noda karat di kloset.

Cara menghilangkan noda karat di kloset

Sebelum Anda mulai membersihkan, matikan pasokan air ke kloset menggunakan katup penutup dan siram toilet untuk mengosongkan mangkuk kloset. Kemudian, pilih metode aman yang menggabungkan asam dan bahan abrasif.

Misalnya, pasta dari air perasan lemon dan soda kue dapat bekerja efektif dalam menghilangkan noda karat. Biarkan selama sekitar 15 menit, biarkan air perasan lemon yang asam dan soda kue yang bersifat basa bereaksi dengan karat.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Membersihkan Tangki Kloset

Terakhir, gosok noda dengan sikat kloset atau spons, dan siram toilet untuk membilas residunya. Sebagai alternatif, campurkan cukup cuka dan garam kasar untuk membuat pasta, oleskan campuran langsung ke noda.

Batu apung juga efektif menghilangkan karat. Basahi batu dan gosok dengan lembut pada noda karat, berikan tekanan ringan. Terakhir, Anda dapat beralih ke produk komersial jika solusi alami tidak memberikan hasil yang memuaskan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com