Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Memindahkan Kulkas dengan Cara Dibaringkan?

Kompas.com - Diperbarui 29/08/2023, 17:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak dapat dipungkiri, memindahkan kulkas dari satu titik ke titik lainnya terkadang memerlukan lebih dari satu orang.

Meski kulkas yang hendak dipindahkan berukuran kecil, mereka tetap memiliki beban yang berat. Tentunya hal ini tidak bisa dilakukan oleh satu orang, terlebih jika mereka harus mengangkutnya ke area yang cukup jauh.

Baca juga: Bahaya Menaruh 4 Benda Rumah Tangga Ini di Atas Kulkas

Bebearpa kulkas memang dapat didorong saat dipindahkan. Biasanya, posisi saat mendorong kulkas adalah dengan membiarkan perabotan elektronik ini berdiri tegak.

Namun, ada kalanya mereka harus digotong ketika dipindahkan. Untuk kondisi ini, apakah kulkas bisa dipindahkan dengan cara dibaringkan?

Memindahkan kulkas posisi tidur

Ilustrasi kulkas, ilustrasi memindahkan kulkas.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi kulkas, ilustrasi memindahkan kulkas.

Dikutip dari Kitchen Cuddle, Kamis, kamu dapat memindahkan kulkas dengan posisi dibaringkan, tetapi hanya untuk jarak dekat saja. Lalu, pastikan mereka dibiarkan berdiri tegak selama beberapa jam sebelum dinyalakan kembali.

Baca juga: Amankah Menaruh Kulkas di Samping Oven?

Lebih lanjut, posisi ini tidak direkomendasikan untuk kulkas jenis French Door, Bottom Freezer, dan Side by Side, terlebih jika dibaringkan dengan cara dimiringkan. Beratnya dapat merusak bagian dalam mesin kulkas.

Alasan kulkas harus dipindahkan dengan tegak

Cara memindahkan kulkas yang benar adalah membiarkannya berdiri tegak. Jangan pindahkan dengan dibaringkan, atau dibaringkan dengan cara dimiringkan.

Hal ini berkaitan dengan perangkat yang berada di dalam kulkas, salah satunya adalah kompresor yang merupakan bagian utama dari kulkas.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com