Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2023, 18:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Di Eropa dan Amerika, Natal identik dengan musim salju. Maka dari itu, di negara-negara Eropa dan Amerika, dekorasi Natal banyak menggunakan ornamen musim dingin seperti mantel, kaus kaki, dan perapian.

Di Indonesia, Natal bertepatan dengan musim hujan. Meski tak ada salju, namun dekorasi Natal bernuansa salju tetap bisa dihadirkan.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Natal Berwarna Pink

Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan ornamen Natal berwarna putih, seperti warna salju. Selain memberikan kesan seperti turun salju, warna putih juga membuat suasana Natal lebih ceria dan terang.

Dikutip dari Real Homes dan The Spruce, Selasa (12/12/2023), berikut ini beberapa ide dekorasi Natal berwarna putih yang bisa menjadi inspirasi.

Kombinasikan dengan warna hangat

Ilustrasi pohon Natal atau dekorasi Natal.Shutterstock/Nelia L Ilustrasi pohon Natal atau dekorasi Natal.
Untuk melengkapi warna putih, hadirkanlah warna alami melalui selimut, dekorasi, atau seni yang dipajang di dinding. Beberapa warna yang bisa dipilih antara lain warna sage dan beige.

Warna-warna tersebut akan membuat suasana rumah seperti di negeri dongeng sungguhan. Stacey Clarke, manajer di B2C Furnitur, bahkan mengatakan menggunakan warna hangat yang dipadukan dengan tekstur lembut akan memberikan suasana nyaman dan santai selama Natal.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Natal Vintage, Bisa Hadirkan Suasana yang Menyenangkan

Gunakan ornamen Natal berwarna perak atau emas

Ornamen berwarna perak dan emas juga cocok dipadukan dengan warna putih. Jenis ornamen berwarna emas dan perak yang bisa digunakan, seperti lampu, bola Natal, atau lonceng khas Natal.

Ornamen-ornamen tersebut bisa digantung pada lemari atau rak berwarna putih, maupun di pohon Natal yang didominasi warna putih.

Tambahkan item dekorasi berwarna biru

Ide dekorasi Natal berwarna putih lainnya adalah menambahkan beberapa item dekorasi berwarna biru pada karangan bunga atau pohon Natal berwarna putih.

Item dekorasi tersebut akan membuat karangan bunga dan pohon Natal terlihat lebih cantik dan menawan. Warna putih dan biru juga memberikan kesan lembut dan tidak berlebihan.

Baca juga: 6 Skema Warna Natal yang Populer di Tahun 2023

Letakkan selimut putih di ruang tamu

Dekorasi Natal tak hanya berupa pohon Natal dan karangan bunga yang meriah. Dekorasi Natal juga bisa berupa selimut berwarna putih yang sederhana.

Selimut bisa ditempatkan di sofa ruang tamu untuk menambah kenyamanan dan kehangatan di ruangan tersebut. Selain selimut, di ruang tamu juga bisa ditambahkan karpet yang warnanya senada.

Hadirkan gaya Skandinavia

Menghadirkan gaya Skandinavia juga menjadi salah satu ide dekorasi Natal berwarna putih. Desainer Annie Sloan menciptakan kamar tidur minimalis yang terinspirasi dari gaya Skandinavia dengan nuansa putih yang sejuk dan abu-abu pucat pada dinding berpanel kayu yang dicat kapur.

Selain warnanya, gaya Skandinavia juga bisa dihadirkan pada tempat tidur linen, vas dari dahan tinggi, dan karangan bunga Natal yang menyala di atas kepala tempat tidur. Ornamen dekorasi ini akan membuat tampilan ruangan terasa tenang.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Natal Bergaya Skandinavia yang Estetik

Pasang karangan bunga dari katun

Ilustrasi dekorasi Natal di jendelaShutterstock/Bogdan Sonjachnyj Ilustrasi dekorasi Natal di jendela

Jika ingin menampilkan dekorasi Natal yang modern dan minimalis, maka salah satu dekorasi yang bisa digunakan yaitu karangan bunga dari katun. Karangan bunga ini bisa memberikan sentuhan halus.

Karangan bunga dari katun bisa ditempatkan di ambang jendela. Tambahkan sedikit ornamen berwarna hijau dan emas agar menjadi pusat perhatian.

Gunakan taplak meja berwarna putih

Terakhir, ide dekorasi Natal berwarna putih yaitu menggunakan taplak meja berwarna putih di meja makan Taplak meja ini akan terlihat menawan saat dipadukan dengan karangan bunga putih, kartu Natal, dan kue jahe.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Natal di Dapur Agar Terlihat Cantik dan Meriah

Itulah beberapa ide dekorasi Natal bernuansa putih yang bisa menjadi inspirasi. Dekorasi tersebut akan membuat suasana Natal di dalam rumah lebih tenang, nyaman, dan cantik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com