Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2023, 16:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruangan di dalam rumah selalu mendapat perhatian lebih dalam hal dekorasi, termasuk perayaan Natal tahun ini.

Namun, selain dalam ruangan, area luar rumah, seperti halaman dan teras, juga dapat didekorasi saat Natal. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Dekorasi Natal dan Liburan Terlihat Mewah

Dekorasi Natal di luar ruangan dapat mengubah halaman rumah yang kusam menjadi tempat meriah yang akan membawa keceriaan Natal sepanjang musim.

Ini juga menjadi kesempatan Anda untuk menunjukkan suasana meriah dan semangat liburan kepada tetangga, teman, dan tamu yang berkunjung. 

Biasanya, dekorasi Natal luar ruangan lebih sedikit dan terdiri atas tanaman hijau, pohon cemara, karangan bunga, serta pajangan lampu Natal. 

Tentu saja, dekorasi Natal di luar ruang lebih hemat biaya dibanding dalam ruangan, tapi perlu mempertimbangkan sejumlah hal, seperti cuaca dan angin. 

Mengingat, lokasi berada di luar ruang sehingga rentan terkena perubahan cuaca, seperti sinar matahari dan hujan serta diterap angin.

Maka itu, pastikan memilih ornamen dan dekorasi Natal luar ruangan yang tahan dengan perubahan cuaca. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Kamis (7/12/2023), berikut beberapa ide dekorasi Natal luar ruangan.  

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Natal Modern yang Bisa Dicoba Tahun Ini

Gunakan tanaman holly dan gundukan tanah 

Menggunakan karangan bunga di pintu depan dan tanaman hijau menjadi salah satu dekorasi Natal yang sering digunakan di luar ruangan dan cukup efektif.

Anda bisa menggunkan tanaman Holly Natal. Semak holly yang terawat  baik mengapit pintu depan rumah menciptakan suasana meriah.

Tanaman holly tak hanya memberikan warna saat Natal, tapi juga menawarkan daya tarik visual sepanjang tahun berkat dedaunannya yang bagus. 

Selain tanaman holly, gundakan tanah yang dibuat rapi juga bisa memberikan tampilan menarik sepanjang tahun. Tanaman beberap tanaman daun atau bunga di atas gundukan tersebut untuk membuat tampilannya menawan.  

Baca juga: Sambut Natal, 4 Cara Mendekorasi Rumah yang Terinspirasi dari Kue Jahe

Karangan bunga dihiasi tanaman hijau 

Ilustrasi dekorasi Natal luar ruangan di pintu masuk rumah.Shutterstock/Spiroview Inc Ilustrasi dekorasi Natal luar ruangan di pintu masuk rumah.
Karangan bunga Natal khas biasanya terdiri atas tangkai pohon cemara, lalu sejumlah benda lain bisa disisipkan.

Namun, ada cara berbeda dengan menggunakan karangan bunga dari tanaman merambat menjadi alasnya, lalu menambahkan ornamen Natal, seperti pita, lampu Natal, bola Natal., lonceng Natal, dan tanaman Poinsettia buatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com