Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2023, 12:44 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Elle Decor


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain di pintu dan dinding rumah, dekorasi Natal juga bisa dipasang di tangga rumah. Dekorasi Natal akan membuat tampilan tangga yang biasanya suram dan sepi menjadi lebih cerah dan ceria.

Selain itu, tangga juga menjadi area penghubung antara kamar tidur dengan ruang keluarga yang menjadi tempat berkumpul saat merayakan Natal, sehingga tangga perlu dihias dengan apik agar suasana Natal semakin menyenangkan.

Kamu bisa mendekorasi tangga dengan lonceng, pita, atau bunga yang meriah. Namun, apapun ornamen dekorasi yang akan digunakan, penting untuk menata dengan rapi agar tampilan tangga tetap elegan dan tidak berlebihan.

Baca juga: Cara Mendekorasi Tangga agar Meningkatkan Tampilan Rumah

Dikutip dari Elle Décor, Selasa (5/12/2023), berikut ini ide dekorasi tangga bertema Natal yang membuat suasana rumah lebih gembira.

Hias dengan karangan bunga dan patung

Dekorasi tangga bertema NatalShutterstock/Kishun Yuliia Dekorasi tangga bertema Natal

Salah satu cara mendekorasi tangga dengan tema Natal yaitu dengan meletakan karangan bunga dan patung.

Kate Lester, seorang desainer mengatakan bahwa dekorasi tangga dengan bunga dan patung akan terlihat menyenangkan. Kate juga menyarankan untuk menggunakan warna netral agar tidak terlihat berlebihan.

Meletakkan hiasan di satu titik

Kamu tidak perlu menutup seluruh tangga dari atas ke bawah dengan ornamen Natal. Kamu bisa meletakkan hiasan di satu titik saja.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Natal Modern yang Segar dan Cantik

Misalnya, memasang karangan bunga di ujung tangga bagian bawah. Kamu bisa menggunakan berbagai bunga, daun, dan pita. Dekorasi ini akan terlihat tebal, namun tetap cantik.

Gantungkan karangan bunga dan pita berwarna merah

Ide dekorasi tangga bertema Natal lainnya yaitu menggantungkan karangan bunga dan pita berwarna merah. Ornamen berwarna merah dan hijau memberikan kesan tradisional, namun tetap cantik.

Di ujung tangga, kamu juga bisa menggantungkan lonceng khas Natal berwarna emas untuk memberikan kesan mewah.

Gunakan lampu peri

Lampu peri ternyata tak hanya digunakan untuk menghias pohon Natal. Lampu ini juga bisa digunakan untuk menghias tangga rumah.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Natal yang Meriah dan Kreatif

Lampu ini cocok untuk tangga yang pendek. Kamu bisa melilitkan lampu di karangan bunga yang dipasang di tangga. Selain itu, lampu peri juga bisa dipasang di dinding dekat tangga.

Gantungkan dahan pohon cemara

dekorasi natal dengan banyak lampuShutterstock/Elena_Smirnaja dekorasi natal dengan banyak lampu

Hiasan Natal tak harus ramai. Ornamen Natal juga bisa dibuat sederhana, namun tetap cantik dan mempesona.

Salah satu caranya yaitu menggantungkan dahan pohon di pegangan tangga. Dahan cemara yang berwarna hijau memberikan kesan alami dan tetap cantik. Agar tidak monoton, kamu bisa mengikatkan pita satin berwarna senada.

Pasang pita berukuran besar

Jika tidak memiliki karangan bunga, kamu bisa mendekorasi tangga menggunakan pita besar.

Baca juga: 6 Elemen Dekorasi Natal yang Dapat Membawa Keberuntungan

 

Sean Symington, seorang desainer menyarankan untuk menggunakan pita beludru berwarna hijau dan mengikatkan ke tangga. Pita tersebut akan memberikan tampilan yang dramatis dan meriah.

Itulah beberapa ide dekorasi tangga bertema Natal. Selain membuat ruangan lebih cantik, dekorasi tangga juga memberikan suasana Natal yang lebih meriah dan ceria.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com