Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2023, 13:32 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak gaya yang bisa dipilih dalam hal dekorasi Natal dan liburan, dari dekorasi tradisional, minimalis, hingga pendekatan maksimalis.

Semua dekorasi Natal yang meriah ini bisa dibuat selaras dengan selera interior Anda. Namun, apakah Anda lebih menyukai tampilan nostalgia dan penuh warna atau lebih memilih menjaga hal-hal lebih sederhana untuk meningkatkan ide dekorasi Natal agar terlihat lebih mahal. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Natal Modern yang Bisa Dicoba Tahun Ini

Niko Rasides, Direktur Desain di Nicholas Anthony, mengatakan meski sentimen di balik dekorasi untuk musim perayaan tetap tidak berubah, ada tren yang berkembang untuk menciptakan dekorasi Natal yang memancarkan kecanggihan, keabadian, dan kesadaran lingkungan. 

"Dengan berinvestasi pada kualitas, merangkul elemen alam, dan menggabungkan praktik berkelanjutan, Anda dapat menciptakan suasana meriah yang tidak hanya terlihat abadi dan canggih, tapi juga berkontribusi pada musim liburan yang lebih ramah lingkungan." kata Niko. 

Nah, untuk membantu Anda, disadur dari Homes and Gardens, Kamis (7/12/2023), berikut beberapa cara membuat dekorasi Natal dan liburan terlihat mewah

Baca juga: 6 Cara Menggantung Karangan Bunga Natal di Pintu Depan Rumah

Pilih warna-warna klasik 

Ilustrasi dekorasi Natal bergaya klasik.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi dekorasi Natal bergaya klasik.
Para ahli desain setuju bahwa dekorasi Natal yang berselera tinggi dan terlihat mahal cocok untuk memilih warna-warna klasik.

Jika lebih menyukai dekorasi Natal modern, memilih skema warna netral akan selalu terlihat anggun. Namun, apabila menyukai tren warna klasik Natal dan mempertahankan tampilan tradisionalnya, pilih warna-warna emas, perak, dan hijau tua untuk menciptakan estetika  elegan serta kohesif. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Tangga Bertema Natal, Bikin Suasana Lebih Ceria

Memasukan elemen alami 

Selanjutnya, cara membuat dekorasi Natal dan liburan terlihat mewah adalah memasukan elemen alami.

"Rayakan keindahan alam dengan memasukkan elemen-elemen, seperti pohon cemara, ranting-ranting pohon cemara, dan buah beri," kata Niko.

Pendekatan berkelanjutan dengan menggunakan barang-barang yang tersedia di alam ini dapat menambahkan sentuhan kecanggihan pada dekorasi Natal.

Ada banyak cara menambahkan elemen alami pada dekorasi Natal. Niko menjelaskan beberapa ide dedaunan Natal yang sederhana untuk diterapkan.

Dengan karangan bunga, pertimbangkan menggunakan bahan yang tidak biasa, seperti bunga kering, kayu putih, atau aksen metalik, untuk menciptakan titik fokus yang unik serta berkelas. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Natal Modern yang Segar dan Cantik

Tambahkan sentuhan pribadi 

Ilustrasi ruang keluarga dengan dekorasi Natal.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan dekorasi Natal.
Desainer interior, Kate Marker, menjelaskan memilih dan memadukan barang-barang yang menyalurkan "tampilan pusaka" adalah cara membuat dekorasi Natal dan liburan terlihat mewah.

Barang-barang yang perlu dipertimbangkan bisa berupa pola yang tidak biasa atau terinspirasi dari barang antik pada piring saji, patina pada tempat lilin kuningan, ornamen-ornamen halus yang mungkin sudah diwariskan dari generasi ke generasi, atau benda-benda menarik yang mengisyaratkan tradisi dari tempat yang jauh.

Hal ini tidak hanya meningkatkan kemewahan, tapi juga menjadi pembuka percakapan dengan keluarga dan tamu. 

Baca juga: 4 Tempat Terbaik Meletakkan Pohon Natal di Rumah, Mana Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com