Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mendekorasi Rumah untuk Menyambut Natal

Kompas.com - 03/12/2023, 09:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Desember identik dengan Natal sekaligus menjadi bulan liburan akhir tahun.

Sejumlah rumah pun mulai bersiap mendekorasi dan menhiasi berbagai ruangan, terutama ruang keluarga dan tamu, untuk menyambut Natal.  

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok untuk Dekorasi Natal, Meriah dan Penuh Warna

Biasanya, dekorasi Natal identik dengan warna-warni yang meriah, menyenangkan, sekaligus syahdu, seperti merah, hijau, serta putih. 

Untungnya, mendekorasi rumah untuk menyambut Natal dan memberi kenyamanan tidaklah mudah.  

Nah, untuk membantu Anda, dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (3/12/2023), berikut cara mendekorasi rumah untuk menyambut Natal.

Fokus pada tema 

Ilustrasi dekorasi Natal di ruang tamu atau ruang keluarga.Shutterstock/New Africa Ilustrasi dekorasi Natal di ruang tamu atau ruang keluarga.

Salah satu trik membuat rumah yang nyaman untuk menyambut Natal adalah fokus pada setiap ruangan.  

Cherie Lee, desainer interior dan Direktur Cherie Lee Interiors, menyarankan fokus pada satu tema pohon Natal dan menariknya ke seluruh ruangan. 

"Kecuali Anda seorang maksimalis, saya sarankan fokus pada satu tema kohesif, entah itu tradisional, modern, atau rustic, untuk menciptakan tampilan yang menyatu dan menarik secara visual," sarannya.

Pastikan memilih karangan bunga, pernak-pernik, dan lampu yang sesuai dengan estetika, dengan mengambil inspirasi dari apa yang sudah dimiliki untuk membuatnya sederhana.   

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Poinsettia agar Tetap Hidup Selama Natal

Perkenalkan banyak dedaunan 

Selanjutnya, cara mendekorasi rumah untuk menyambut Natal adalah memperkenalkan banyak dedaunan. Ada lebih dari sekadar dekorasi Natal yang bagus. 

Naomi Astley Clarke, desainer interior, mengatakan perlu berinvestasi pada dedaunan Natal di seluruh ruangan untuk mendapatkan sentuhan magis:

"Karangan bunga Natal yang indah untuk pintu depan rumah adalah sambutan meriah yang indah untuk rumah," ucap Naomi. 

Bunga dan dedaunan kering adalah cara tradisional yang indah untuk mendekorasi rumah saat Natal dan bulan-bulan musim dingin dan sering kali mempertahankan aromanya 

"Saya telah memasang karangan bunga kering sebelumnya yang memberikan efek visual yang indah di atas perapian. Sangat sederhana, tapi efektif," tambahnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com