Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Cat Dapur yang Tak Lekang oleh Waktu

Kompas.com - 03/12/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan ruangan tersibuk dan praktis, tapi juga menjadi ruang sosial untuk berkumpul serta mengobrol bersama keluarga. 

Karena itu, saat menentukan ide warna cat dapur, penting memilih sesuatu yang sesuai dengan fungsionalitas sambil mendorong percakapan dan memastikan ruang bertahan dalam ujian waktu. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Tumbuh Tumbuh Subur di Dapur

Bermain-main dengan tren dapur baru dan ide dekorasi memungkinkan Anda menunjukkan kepribadian di dapur.

Meski memilih warna cat dapur tergantung pada individualitas, ada beberapa warna yang selalu terlihat bagus di dapur dan tetap bertahan meski tren terus berkembang. 

Nah, dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (3/12/2023), berikut sejumlah warna cat dapur yang tak lekang oleh waktu

Putih

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/C Woods Photography Ilustrasi dapur putih.
Putih secara resmi menjadi warna paling populer untuk dapur dan mudah dipadukan dengan warna maupun dekorasi apa pun. 

"Di dapur, sedikit cat putih memberikan kesan segar, ringan, dan lapang. Selain itu, menghasilkan kesan bersih dan sehat, yang menjadi alasan putih menjadi pilihan populer untuk dapur," ujar Michael Rolland, pakar interior dari *The Paint Shed.

Dapur serba putih tetap menjadi pilihan populer, tapi seperti yang disarankan desainer dapur Tom Howley, Anda juga dapat menggunakannya sebagai warna dasar.

"Dengan warna berani yang kini muncul dalam desain dapur, menggunakan palet dua warna memungkinkan Anda menambahkan warna cerah tanpa membuat dapur terlihat berlebihan," katanya.

Cara terbaik menambahkan tampilan dua warna adalah memadukan warna putih atau netral favorit Anda dengan warna kitchen island atau warna dasar yang kontras.  

Baca juga: 5 Fitur yang Wajib Dimiliki untuk Membuat Dapur Tetap Tertata

Pink 

Selanjutnya, warna cat dapur yang tak lekang oleh waktu adalah pink atau merah muda. Pink bisa terasa seperti ide warna yang kontroversial, tapi dengan saran tepat, warna sensual ini bisa mempercantik dapur serta memberi kenyamanan. 

Selama sebulan terakhir, Magnet Kitchens telah mengamati lonjakan minat terhadap pink, kemungkinan besar didorong oleh gerakan Barbiecore. 

Namun, seperti yang dikatakan kepala desainer Magnet Kitchens, Lizzie Beesley, dapur pink tidak perlu terlihat berlebihan.

"Jika belum siap mengecat lemari atau dinding dengan warna pink, mengecat kitchen island dengan pink adalah cara bagus memanfaatkan tren Barbiecore dan memperkenalkan sedikit keceriaan ke dalam ruangan Anda," imbuhnya.

Warna pink terang atau dusty pink untuk kitchen island hampir dapat bertindak sebagai warna netral. Ketika dipadukan dengan lemari netral, akan menciptakan rasa tenang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com