Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dapur Bergaya Skandinavia, Hadirkan Suasana Tenang dan Nyaman

Kompas.com - 22/11/2023, 19:16 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Gaya Skandinavia menjadi salah satu gaya dekorasi yang banyak diminati. Gaya Skandinavia bisa diterapkan di berbagai ruangan, termasuk dapur.

Dapur Skandinavia menghadirkan desain yang praktis, bersahaja, namun tetap keren. Tom Howley, direktur desain dari perusahaan dapur eponymous mengatakan bahwa ciri khas skema Skandinavia yaitu penggunaan warna netral yang hangat, kayu alami, dan lapisan tekstur.

Desain ini bisa menciptakan rasa nyaman dan tenang. Dilansir dari House Beautiful, Rabu (22/11/2023), berikut ini ide dapur bergaya Skandinavia yang bisa menjadi inspirasi.

Baca juga: 8 Ide Desain Dapur Bergaya Skandinavia untuk Tampilan Segar dan Bersih

Ciptakan interior yang ramah

Ilustrasi dapur bergaya Skandinavia, kitchen set atau lemari dapur warna greige.SHUTTERSTOCK/TARTANPARTY Ilustrasi dapur bergaya Skandinavia, kitchen set atau lemari dapur warna greige.

Selain digunakan sebagai ruang fungsional, dapur Skandinavia juga memiliki nuansa santai yang membuat kamu merasa nyaman.

Hal ini sesuai dengan penjelasan dari Tash Bradley, direktur desain interior di Lick yang mengatakan bahwa gaya Skandinavia berfokus pada ketenangan dan kenyamanan.

Sebagian rumah Skandinavia memadukan warna tenang, tekstur kayu, dan semburat warna atau alam melalui tekstur dan tanaman hias.

Gunakan perabotan yang fungsional dan estetik

Salah satu cara menerapkan gaya Skandinavia yaitu menggunakan perabotan yang fungsional dan estetik. Contohnya yaitu menggunakan rak terbuka.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Dapur Bergaya Skandinavia

Rak ini berguna untuk meletakkan bahan makanan sekaligus membuat dapur terlihat lebih menarik. Kamu bisa mengecat rak dengan warna netral seperti krem, abu-abu muda, dan warna kalem lainnya.

Hadirkan warna netral

Ide dapur bergaya Skandinavia lainnya yaitu menghadirkan warna netral. Warna netral akan memberikan nuansa lembut dan tenang seperti krem, putih, dan hijau.

Warna ini bisa dipadukan dengan material alami seperti kayu dan rotan. Tash menyarankan jika dinding berwarna putih, maka sebaiknya dipadukan dengan furnitur kayu yang memberikan kesan nyaman.

Kamu bisa menggunakan kursi yang sandarannya melengkung dari kayu karet padat dan jok berlapis yang nyaman dan empuk.

Pilih peralatan dapur yang bisa dipajang

Keindahan dapur juga bisa ditonjolkan dengan penggunaan peralatan dapur yang tepat. Pada dapur Skandinavia, kamu bisa memilih perlengkapan dapur dengan desain modern dan elegan.

Baca juga: 6 Ide Dapur Bergaya Rustic yang Estetik

Misalnya, cangkir kopi yang unik, gelas yang warnanya cantik, dan piring elegan. Perlengkapan dapur tersebut bisa diletakkan di rak terbuka, sehingga dapat berfungsi sebagai ornamen dekorasi.

Ilustrasi dapur bergaya Skandinavia.UNSPLASH/BLUEWATER SWEDEN Ilustrasi dapur bergaya Skandinavia.

Tampilkan warna gelap untuk memberikan kontras pada ruangan

Tak hanya warna lembut dan terang, warna gelap juga bisa diterapkan pada dapur Skandinavia. Warna gelap bisa diterapkan pada area backsplash.

Selain bisa memberikan kontras pada ruangan, warna gelap juga membuat area tersebut tidak mudah kotor.

Padukan warna terang

Memadukan warna netral dengan warna terang juga bisa diterapkan pada dapur bergaya Skandinavia. Kamu bisa memilih warna cerah yang banyak ditemukan di alam, seperti hijau.

Warna ini sangat cocok dipadukan dengan warna kayu dan dinding putih. Kamu bisa menghadirkan warna hijau pada lemari dapur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com