Kompas.com - 31/07/2021, 09:47 WIB
Ilustrasi dapur. SHUTTERSTOCK/FIZKESIlustrasi dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain dan dekorasi rumah bergaya Skandinavia semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Popularitasnya adalah karena estetika menggabungkan bentuk dan fungsi dengan garis yang bersih.

Artinya, gaya Skandinavia sangat menarik bagi orang yang mencari dapur yang terasa modern, kebanyakan minimalis, namun tetap menyenangkan.

Rentang warna yang dibawa oleh orang Swedia, Norwegia, dan Denmark ke dapur mereka juga menarik, yakni netral atau gelap maupun dapat menyertakan semburat warna untuk membuat ruang masak terasa riang dan ramah keluarga.

Baca juga: 6 Warna Khas yang Digunakan Dalam Desain Interior Skandinavia

Dilansir dari Hunker, Sabtu (31/7/2021), berikut adalah beberapa tips untuk membuat dapur yang terinspirasi gaya dekorasi Skandinavia.

1. Gabungkan dapur dan ruang makan menjadi ruang terbuka

Untuk keluarga Skandinavia, dapur sering menjadi pusat rumah. Ini masuk akal, karena kondisi cuaca dingin, pastilah Anda ingin dekat dengan panas.

Jika Anda mendesain dapur dari awal, pertimbangkan bagaimana Anda dapat mengonfigurasi ruang masak terbuka untuk menciptakan perasaan hangat yang nyaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Kayu ringan adalah kunci

Sebagai contoh, penggunaan lemari dapur kayu lapis ringan mendefinisikan ruang, sementara perawatan minyak mencerahkan lantai kayu. Kayu lapis adalah bahan yang bagus untuk dipertimbangkan dalam desain dapur, karena murah dan dapat menciptakan tampilan yang modern dan ramping.

Baca juga: Ini Perbedaan Desain Rumah Skandinavia dan Minimalis Menurut Ahli

3. Tetap pada garis yang bersih, tetapi berikan aksen warna yang berani

Anda bisa menerapkan desain dapur terbuka yang modern namun jauh dari kesan dingin berkat panel kuning kenari di backsplash, meja dapur, dan lemari. Namun perlu diingat, tampilan seperti ini sangat khusus, jadi Anda memerlukan seorang desainer atau arsitek untuk membantu Anda.

4. Gunakan kontras tinggi

Seperti kebanyakan dapur Skandinavia, ada banyak penggunaan kayu ringan, tetapi kunci sebenarnya berasal dari perlengkapan, meja, dan lemari dapur warna hitam untuk menciptakan efek yang mencolok.

Ini mungkin tampak dingin, tetapi cocok dengan lingkungan yang keras.

Halaman:


Sumber Hunker
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.