Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Dekorasi Dapur Klasik, Terlihat Mewah dan Nyaman

Kompas.com - 14/11/2023, 20:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Di era modern seperti saat ini, desain dapur klasik masih banyak disukai karena terlihat mewah dan cantik. Selain itu, dapur klasik juga memberikan kenyamanan saat kamu sedang memasak.

Meskipun bernuansa klasik, dapur tersebut tetap cocok dipadukan dengan berbagai elemen dekorasi. Bahkan, beberapa elemen dekorasi modern juga bisa digunakan pada dapur klasik.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (14/11/2023), berikut ini ide dekorasi dapur klasik yang menarik dan cantik.

Baca juga: 6 Ide Desain Dapur Klasik yang Tak Lekang Waktu

Buat desain simetris

Saat hendak mendesain dapur klasik, sebaiknya buat desain simetris dan keteraturan. Kamu bisa menggunakan kabinet yang tinggi untuk mengapit kompor di dapur.

Ilustrasi dapur SHUTTERSTOCK/RIFKY NAUFALDY Ilustrasi dapur

Selain itu, kamu bisa menonjolkan rona biru, detail berpanel, dan pintu kaca. Desain dapur ini akan terlihat cantik dan mewah.

Gunakan furnitur antik

Furnitur antik dan unik akan membuat dapur klasik terasa lebih menarik. Kamu bisa menggunakan meja klasik dari kayu.

Selain estetik, meja kayu juga bisa membuat dapur terasa lebih hangat. Kamu bisa memadukan meja kayu dengan lantai kayu dan karpet bermotif klasik.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Furnitur Antik

Buat dapur bernuansa mewah

Ide dekorasi dapur klasik lainnya yaitu membuat dapur terkesan mewah dengan material tradisional seperti kayu lama, furnitur kulit, dan furnitur beraksen kuningan.

Elemen dekorasi ini akan membuat dapur terlihat merah dan tradisional. Selain mewah, dekorasi tersebut juga membuat dapur tetap nyaman.

Gunakan warna putih dan abu-abu

Warna putih dan abu-abu akan membuat dapur terasa lebih luas. Kamu bisa menggunakan warna ini pada dinding, meja dapur, hingga plafon dapur.

Warna netral seperti putih cocok dipadukan dengan lantai kayu berwarna cokelat tua. Untuk memberikan kesan mewah dan elegan, kamu bisa memasang backsplash dari marmer.

Baca juga: 5 Tren Dapur di Tahun 2024 Menurut Ahli

Memaksimalkan penyimpanan vertikal

Desain dapur klasik juga bisa diterapkan pada dapur berukuran kecil. Untuk membuat dapur kecil tetap nyaman, kamu bisa memaksimalkan penyimpanan vertikal.

Caranya dengan menggunakan lemari berpanel kaca atau rak gantung. Lemari dan rak tersebut bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan.

Penggunaan lantai marmer di area dapurShutterstock Penggunaan lantai marmer di area dapur

Gunakan material marmer

Marmer merupakan salah satu material yang banyak digunakan pada dapur. Marmer membuat dapur terlihat lebih mewah dan elegan.

Material ini bisa digunakan sebagai material backsplash, meja dapur, atau lantai. Selain elegan marmer juga relatif mudah dibersihkan, sehingga membuat dapur selalu bersih.

Baca juga: Cara Membersihkan Backsplash Marmer agar Bersih Seperti Baru

Gunakan lemari kaca

Pada dapur klasik, kamu bisa meletakkan lemari kaca. Selain berguna sebagai ruang penyimpanan, lemari ini dapat membuat dapur terasa lebih cantik.

Kamu bisa memiliki lemari tinggi dengan warna netral agar cocok dipadukan dengan furnitur berwarna apapun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com